OTP Aplikasi PeduliLindungi yang tidak Pernah Sampai ke Inbox Email

Saya mencoba mendaftar aplikasi resmi pemerintah, aplikasi pedulilindungi dari Kominfo. Percobaan pertama menggunakan email kantor, ditunggu-tunggu email OTP-nya nggak ada.

Akhirnya mencoba pakai email Google Apps. Ditunggu-tunggu sama saja, nggak muncul juga. Entah error dimana. Saya check di review aplikasi, cukup banyak yang mengeluhkan hal yang sama, tapi kok masih belum dibereskan juga.

Anehnya lagi, saat mencoba mendaftar di aplikasi iPhone, awalnya minta isian email atau nomor HP, namun saat pilih next, nanti akan diminta mengisi Nama, Email dan no HP. Flow aplikasi yang absurd, kalau seperti itu mengapa tidak langsung saja minta isian semua.

Lebih aneh lagi, pilihan manapun yang diambil selalu saja OTP dikirim ke email dan tidak pernah sampai.

Keanehan berikutnya, salah satu staff saya menyarankan untuk register ke website. Oke saya register ke website, kemudian memasukkan no HP. OTP terkirim dengan baik ke HP dan saya bisa login. Saat hendak melengkapi profil (isi alamat email, NIK dan Tanggal lahir), aplikasi kembali meminta OTP dan OTP-nya dikirim ke email dan emailnya tidak pernah sampai. Saya sampai check ke folder spam dan list quarantine spam dan emailnya tidak ditemukan.

OTP aplikasi PeduliLindungi yang katanya dikirim ke email dan tidak pernah sampai

Apakah aplikasinya tidak pernah direview sehingga dibiarkan begitu saja tanpa kejelasan, karena kalau dilihat bukan saya saja yang mengalami kendala yang sama. Kan sayang, aplikasi dibuat dengan niatan dipakai tapi kok nggak direview ulang apakah sudah beres atau belum atau apakah masih ada kendala atau tidak. Ini aplikasi kominfo lho, bukan aplikasi dari kementerian atau lembaga lain non IT.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.