Gaji Bulanan dari Sukuk

Meski bukan ASN/PNS, lumayan dapat gaji dari pemerintah. Default yield coupon Sukuk ST-002 adalah 8.3% namun karena sifatnya mengambang, bisa saja nilainya lebih besar, misalnya di bulan ini dapat 8.55%. Lebih besar dari deposito.

Informasi Imbalan Sukuk ST-002

Karena yield sukuk sifatnya mengambang namun ada nilai minimal, sukuk tabungan bisa menjadi salah satu instrumen investasi syariah yang menarik.

Mengambang, artinya besaran imbalan Sukuk Tabungan akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Days Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Imbalan Minimal, artinya tingkat imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Saat pertama kali berinvestasi di sukuk, ide awalnya sederhana saja. Saya ingin membuat variasi investasi selain saham dan reksadana atau P2P lending, sifatnya syariah, nilainya bisa dimulai dari nilai yang tidak terlalu besar dan prosesnya mudah.

Saya dulu hanya pernah mendengar istilah sukuk tapi tidak pernah tahu apa itu sukuk. Karena prinsip utama di Excellent adalah “Kalau tidak tahu cukup sekali” maka saya coba cari tahu detail penjelasannya, baik dari dokumen Kemenkeu (brosur sukuk) maupun dari informasi website lainnya.

Dengan pengetahuan yang didapat, saya bisa mulai berinvestasi sukuk melalui Investree dan Bareksa. Mulainya dari nilai kecil sesuai dengan kemampuan. Karena pemerintah cq Kemenkeu beberapa kali merilis sukuk atau SBR (Saving Bond Ritel), saya bisa berusaha agar nilai investasi sukuk seri berikutnya lebih besar dibandingkan sebelumnya. Mungkin kalau sudah sampai sukuk ST-012 saya bisa investasi lebih besar lagi hitung-hitung menghargai band yang musiknya sering saya denger di Youtube, hehehe…

Setelah berjalan beberapa lama, wah seneng juga ya dapat gaji bulanan. Karena saya berinvestasi di Sukuk ST-002, Sukuk ST-003 dan SBR-004 maupun SBR-005 dengan tanggal pembayaran coupon yang berbeda-beda, serasa gajian beberapa kali dalam sebulan. Karena rutin diberikan tiap bulan, meski kondisi saham sedang menurun paling tidak tetap ada nilai positif yang didapat dari varian investasi lainnya.

Bagi yang telat investasi Sukuk Tabungan, jangan khawatir karena di tahun 2019 ini pemerintah akan menerbitkan sukuk maupun SBR beberapa kali. Saat ini bahkan ada peluang untuk investasi sukuk ritel (SR) seri 011. Meski yieldnya 8.05% dan lebih rendah dibanding ST-002 maupun ST-003, nilainya masih lumayan karena setelah dipotong pajak sekalipun masih lebih besar dibandingkan dengan imbalan deposito, apalagi dibandingkan dengan benefit tabungan.
Informasi mengenai Sukuk Ritel :
https://www.kemenkeu.go.id/sukukritel

Sebagai catatan tambahan, ini bukan endorse ya. Tetap pelajari seluk beluknya agar tidak salah ambil keputusan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + one =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.