Weruh Sak Durunge Winarah

Karena sejak kecil banyak membaca buku dan majalah apa saja, banyak istilah-istilah yang kerap saya gunakan di Excellent yang sumbernya dari bacaan. Salah satunya adalah soal Weruh sak durunge winarah.

Saya kerap bilang ke team Excellent, jika dibilang A harus A, jangan A minus jangan A plus. Mengapa harus demikian, karena apa yang saya minta sudah ada pertimbangan dan forecast-nya. Sudah ada perkiraan hasil akhirnya. Jika ada tawar menawar proses, nanti hasilnya meleset dari perkiraan.

Weruh sak durunge winarah itu arti harfiahnya kira-kira “Tahu sebelum sesuatu terjadi”. Kalau di majalah Misteri ini disebut ilmu linuwih atau ilmu laduni atau sejenisnya. Kira-kira mistis gitu lah, bisa menebak sesuatu akan terjadi.

Image by David Mark from Pixabay

Yang dimaksud dengan Weruh sak durunge winarah versi Excellent adalah kemampuan kita memperkirakan sesuatu dari fakta dan perkiraan yang kita dapatkan. Jika kita membaca email dari klien, atau melakukan presentasi pada pihak klien atau malah menerima komplain dari pihak klien, kita harus punya kemampuan menebak kira-kira ujungnya akan gimana. Kita tidak boleh sekedar menjawab apa adanya tanpa memperkirakan resiko maupun respon susulannya.

Mungkin kesannya jadi berlama-lama, meski sebenarnya tidak juga. Sama seperti Sherlock Holmes yang bisa menganalisa sifat seseorang dari penampilan dan ciri-cirinya, kita juga bisa mengasah kemampuan untuk memperkirakan segala sesuatu berdasarkan fakta yang kita miliki.
Seiring dengan bertambahnya usia sekaligus bertambahnya pengalaman, kita secara bertahap akan mampu dengan cepat mengelola data dan informasi yang dimiliki dan menggunakannya sebagai landasan untuk mengambil keputusan. Nanti lama-lama kita jadi seperti dukun, padahal apa yang kita sampaikan ada nilai ilmiah dan ada proses kalkulasinya terlebih dahulu.

Kadang kalau di Excellent, setelah beberapa hari atau waktu akan terbukti apa yang diperkirakan dan saya cukup bilang, “Ya itu, weruh sak durunge kan”.

Yang jago hal ini kemungkinan para grand master catur, yang bisa memperkirakan sekian banyak langkah-langkah varian kedepan. Saat main Freecel atau Catur, saya senang berusaha memperkirakan skenario dan alternatif yang terjadi dalam beberapa langkah kedepan dan ini bisa menjadi latihan yang baik untuk kemampuan analisa dan forecast di usaha yang kita jalani.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − five =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.