Puasa, Treadmill dan Abs Workout

Mumpung saat ini baru awal tahun 2023 dan saya sudah sempat menjalankan pendahuluannya di bulan Desember, saya membuat beberapa resolusi kesehatan untuk 2023. Misalnya berat badan dibawah 75 kg di akhir Januari 2023 dan dibawah 70 kg diakhir tahun 2023.

Untuk mencapai hal itu, saya menjalankan beberapa proses secara paralel, antara lain :

  1. Melanjutkan puasa Daud
  2. Menambah intermittent fasting dengan membuat “jendela makan” saat tidak berpuasa, misalnya jam makan antara jam 12 siang sampai dengan jam 8 malam, sisanya puasa makanan kecuali air minum
  3. Olahraga rutin setiap hari. Saat berpuasa, saya biasanya olah raga sebelum sahur atau menjelang buka puasa. Saat tidak berpuasa, saya bisa memilih waktu olah raga secara bebas, namun biasanya di pagi hari selepas shalat Shubuh

Olah raga yang saya jalani masih sederhana, yaitu berupa treadmill selama 30 menit (28 menit jalan kaki, 2 menit lari), kemudian ditambah dengan sit up dan ditutup dengan abs workout mengikuti panduan di aplikasi.

Sejauh ini prosesnya berjalan dengan lancar dan manfaatnya sangat terasa baik di jam kerja maupun jam istirahat. Saya biasanya tidur di jam 10 malam dan bangun jam 03.30 menjelang Shubuh. Tidurnya pulas dan saat aktivitas juga tidak mengantuk.

Dari sisi badan, sepertinya lingkar pinggang mulai menyusut. Saya belum ukur lagi, namun dari sisi berat badan mulai stabil di kisaran 76 kg. Meski masih perlu perjuangan untuk mendapatkan kondisi optimal, namun prosesnya saya anggap sudah sesuai jalur yang saya inginkan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.