Peluang Investasi : Sukuk Tabungan ST-003

Bagi rekan-rekan yang berniat menabung dalam bentuk investasi, namun ragu investasi seperti apa yang cukup aman, memberikan benefit yang cukup baik dan tidak memerlukan analisa yang rumit, Sukuk Tabungan ST-003 dari pemerintah bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Apa itu Sukuk?

Sukuk adalah Efek Syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi, atas aset yang mendasarinya-POJK No.18 Tahun 2015. Sukuk, sama halnya dengan obligasi, adalah produk investasi di pasar modal. Namun berbeda dengan obligasi, sukuk merupakan produk investasi berbasis syariah. Sukuk bukanlah surat utang melainkan surat berharga syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan atas Aset (dasar sukuk).

Sukuk ST-003 ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain :

  1. Imbalan minimal mengambang, untuk periode pertama (27 Februari – 10 Mei 2019) berlaku kupon sebesar 8,15% (BI 7 days reverse repo rate pada saat penetapan sebesar 6,00% ditambah spread yang ditetapkan sebesar 215 bps). Untuk tingkat imbalan periode berikutnya akan dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan imbalan minimal sebesar 8.15%
  2. Sesuai prinsip syariah (berdasarkan Opini Syariah yang diterbitkan DSN-MUI)
  3. Aman dijamin Pemerintah RI
  4. Mudah, 100% online
  5. Bisa dipesan mulai dari Rp 1 juta dan kelipatannya (minimal 1 juta, maksimal 3 milyar)
  6. Jatuh tempo 2 tahun

Selain keuntungan diatas, ada beberapa keterbatasan dari sukuk ini, yaitu : tidak likuid karena tidak dapat diperdagangkan dan dialihkan, namun dapat dicairkan sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas early redemption setelah 1 tahun. Resiko lain seperti gagal bayar relatif kecil, karena dijamin 100% oleh pemerintah (kecuali jika pemerintah RI bangkrut).

Imbal hasil kupon sebesar 8.15% per tahun diberikan setiap bulan dan ditransfer ke rekening yang kita cantumkan saat pertama kali mendaftar pada mitra distribusi.

Bagaimana menghitung tingkat imbalan tersebut. Misalnya untuk investasi sebesar Rp. 10 juta? Imbal hasil 8.15% dari 10 juta adalah 815 ribu rupiah. Ini adalah imbal hasil setahun belum dikurangi pajak 15%. Jika dikurangi pajak 15% hasilnya adalah Rp. 692.750/tahun atau Rp. 57.729,- per bulan. Imbal hasil yang kecil?

Tingkat imbalan 8.15% dengan pajak 15% dari imbalan masih cukup menarik, lebih besar dari deposito yang rata-rata memiliki imbalan 4-7% dengan pajak 20%. Meski tidak sebesar peluang benefit pada reksadana atau saham, resikonya juga lebih ringan. Biasanya sukuk ini bisa menjadi salah satu pilihan variasi investasi. Bagi investor yang sudah memasuki masa pensiun atau yang ingin memilih investasi dengan resiko kecil, sukuk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Jangan lupa, imbal hasil diatas didapat dengan proses yang relatif mudah dan tidak memerlukan perhitungan yang rumit maupun strategi investasi yang kompleks.

Sukuk ST-003 ditawarkan mulai tanggal 1 Februari 2019 sampai dengan 20 Februari 2019 dan bisa saja diakhiri lebih cepat jika sudah dipesan semua.

Bagaimana jika kita ingin berinvestasi Sukuk ST-003? Total ada 13 mitra distribusi untuk berinvestasi, misalnya Bank Syariah Mandiri dan BRI Syariah, beberapa bank umum konvensional, perusahaan efek dan fintech seperti Bareksa, TanamDuit, Modalku dan Investree. Saya sendiri menggunakan layanan dari Bareksa dan Investree.

Prosesnya relatif mudah. Di Investree atau Bareksa biasanya kita diminta untuk mendaftar account yang bisa juga digunakan untuk keperluan lain (misalnya untuk membeli reksadana di Bareksa atau Investree atau memberikan pinjaman modal di Investree), kemudian melakukan request aktivasi account SBN (Sertifikat Berharga Negara). Untuk Investree, formulir registrasi online bisa diakses melalui link berikut ini : https://sbn.investree.id/login

Proses aktivasi account biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari. Setelah diaktivasikan, kita bisa melakukan pemesanan Sukuk tersebut secara online, nanti akan diberikan kode pemesanan dan kode billing untuk digunakan sebagai proses pembayarannya. Pembayaran bisa dilakukan via ATM maupun online. Saya sendiri menggunakan Mandiri online untuk melakukan pembayaran, dengan memilih menu Penerimaan Negara, Pajak/PNBP/Cukai kemudian memasukkan 15 digit kode billing yang sudah diterima saat melakukan proses pemesanan.

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih detail mengenai Sukuk ST-003 bisa mendownload brosur berikut ini : Brosur Sukuk ST-003

CATATAN :

Posting ini merupakan informasi, bukan endorsement maupun iklan atau bujukan untuk berinvestasi. Penyebutan nama merk tertentu dilakukan untuk memudahkan penjelasan. Pelajari lebih detail informasi yang tersedia dan lakukan pertimbangan rasional sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.