Intel NUC Hades Canyon untuk Simulasi VMware vSphere, Kerja dan Main Games

Hari Jum’at kemarin saya menerima paket berisi Intel NUC Hades Canyon seri NUC817HVK VR Edition. Ini adalah salah satu seri Intel NUC dengan spesifikasi mumpuni yang cocok saya gunakan sebagai server virtualisasi, terutama untuk simulasi VMware vSphere dan Proxmox. Selain untuk simulasi, bisa juga digunakan untuk bekerja sekaligus main games.

Dengan processor Intel Core i7-8809G dan VGA Radeon, saya melengkapinya dengan 32 GB RAM (masing-masing 16 GB SODIMM DDR4 PC 2400) dan 2 disk SSD M2 Sata masing-masing 512 GB. Dilengkapi dengan banyak port USB, 2 port thunderbolt, port HDMI dan dua port network gigabit, seri ini merupakan seri idaman buat bekerja maupun main games.

Setelah datang di hari Jum’at malam dan mendapat kelengkapan RAM maupun disk, saya langsung menjadikannya sebagai server simulasi untuk training virtualisasi server berbasis VMware vSphere 6.7 di markas Excellent pada hari Sabtu pagi.

Performanya memang keren. Saya membuat dua buah vSphere 6.7 nested masing-masing dengan memory 8 GB, kemudian membuat satu buah vCenter Server Appliance dengan RAM 10 GB, prosesnya berlangsung cepat dan performanya stabil. Hampir tidak ada delay yang dialami. Pembuatan VM maupun deployment dan konfigurasi vCenter berlangsung cepat. Dengan satu Hades Canyon saya bisa melakukan simulasi cluster vSphere dengan mudah.

Memiliki harga sekitar 16 juta rupiah tanpa RAM dan disk ($999 price list di luar negeri belum termasuk biaya kirim dan bea cukai), harga Intel NUC Hades Canyon ini memang termasuk kelas premium (kelas pertamax tepatnya 😛 ), namun dengan menjadikannya sebagai bagian dari investasi asset dan keilmuan ditambah dengan performa yang mumpuni, saya pikir nilai investasi tersebut cukup sesuai.

Sumber Gambar : SimplyNUC
Sumber Gambar : SimplyNUC

Selain digunakan untuk simulasi saat mengajar training, saya juga nantinya akan menggunakan Intel NUC Hades Canyon ini untuk bekerja di rumah, saat saya tidak berniat menggunakan laptop. Dengan disk SSD M2 512 GB, bentuk yang relatif kecil dan bisa dipasang dibelakang monitor dan dengan suara minim (sepi tanpa suara berisik), mini PC keluaran Intel ini benar-benar sesuai dengan harapan dan bayangan saya.

Dengan VGA Radeon RX Vega M GH, Hades Canyon bisa digunakan untuk main games yang butuh performa grafis bagus. Untuk yang menyukai desain grafis, mungkin bisa juga digunakan untuk rendering images atau untuk edit video. Saat ini paling saya gunakan untuk main games kelas ringan, kemungkinan Zeze Vavai yang lebih sering menggunakannya untuk keperluan games kelas berat.

Saya jarang beli barang-barang yang terhitung mahal seperti ini namun jika fungsi dan kegunaannya masuk akal sekaligus multi fungsi, saya memungkinkan untuk mengakomodirnya dan memasukan budget ini kedalam budget “investasi personal” 😀

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + fifteen =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.