Dukungan pada Team Saat Masa Sulit

Sempat beberapa lama silent karena situasi yang perlu diadaptasikan, baik dari sisi mekanisme pekerjaan, koordinasi dengan team maupun persiapan disisi keluarga. Hari ini saya bisa menulis lagi.

Pandemi Corona memang berpengaruh besar pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan berpengaruh ke tiap lapisan sosial masyarakat. Dalam konteks usaha kecil, kami di Excellent juga harus bisa mengelolanya dengan baik.

Dari sisi pekerjaan, kami cukup tertolong karena pekerjaan Excellent terkait dengan dunia IT, dalam hal ini cloud dan email services. Meski demikian, impactnya tetap terasa, karena sebagian besar server kami menggunakan layanan cloud di luar dan itu semua menggunakan kurs asing.

Mengapa tidak menggunakan layanan cloud di dalam negeri dengan tagihan rupiah? Ada. Kami juga menggunakannya namun dari sisi manajemen resiko, penempatan sebagian server di layanan cloud luar juga tetap perlu dilakukan agar ada distribusi resiko secara geografis.

Dari sisi ini, adanya selisih kurs tentu sangat berpengaruh. Jika USD naik dari 14 ribu jadi 17 ribu, nilai 2000 USD berarti kenaikannya sampai 6 juta rupiah.

Potensi masalah lain adalah kemungkinan adanya delay pembayaran dari pihak klien karena sebagian besar bekerja dari rumah (KDR/WFH) sehingga proses approval yang masih manual berjalan lebih lambat. Beberapa klien malah menginformasikan adanya kesulitan keuangan karena bisnis harus menghadapi berkurangnya penerimaan.

Jadi, masalah ekonomi itu nyata. Itu dialami oleh perusahaan kecil seperti Excellent dan sangat mungkin dialami oleh perusahaan besar juga. Harus pintar-pintar mencari cara agar survive dan beradaptasi agar jika perlu, bisnis malah mendapat momentum membesar karena ada peluang yang tercipta, misalnya layanan online meeting, remote akses dan lain-lain yang mengalami peningkatan permintaan.

Bagaimana dengan sisi staff atau karyawan. Jika perusahaan mengalami kesulitan keuangan, bukankah sangat wajar jika terpaksa para staff atau karyawan juga berkorban?

Disini point pentingnya. Meski dalam lingkup kecil, di Excellent kami menerapkan kebijakan untuk tidak mempersulit hidup para staff yang sudah cukup sulit.

Sesuai anjuran pemerintah dan untuk mencegah bahaya penyakit menular, kami menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Agar tidak berimplikasi pada kualitas kehidupan keluarga, kami memastikan gaji dan pendapatan tidak terganggu. Bulan ini gaji dimajukan beberapa hari agar team bisa membeli persediaan makanan yang memadai (bukan menimbun).

Excellent juga memberikan subsidi akses internet bagi seluruh team, karena bekerja secara remote memakan kuota cukup besar, apalagi jika meeting menggunakan video online, terutama dengan pihak klien.

Yang tak kalah penting, Excellent juga terus memberikan pemahaman pada seluruh team mengenai bahayanya pandemi Corona ini, agar mereka selalu mematuhi anjuran dan himbauan dari pemerintah, agar mengikuti update berita didalam maupun luar negeri, agar melakukan tindakan preventif dalam menjaga kesehatan, agar mereka memahami implikasi terhadap kemungkinan beban ekonomi yang bisa timbul dan agar mereka tetap bersykukur bisa bekerja secara remote saat situasi sulit sekaligus agar mereka tetap bisa berempati pada situasi keseluruhan masyarakat luas.

Saya maju mundur menuliskan hal ini, karena ancaman pandemi Corona maupun resesi ekonomi masih terjadi, kita tidak ada yang tahu kemungkinan apa yang bisa terjadi dimasa mendatang. Bisa saja bebannya terlalu besar untuk ditanggung Excellent. Bisa saja sekarang saya menulis hal ini namun beberapa waktu kedepan kondisinya semakin membebani.

Saya juga tahu banyak perusahaan yang jauh lebih siap dan lebih proven dalam menghadapi krisis. Apa yang saya sampaikan adalah upaya kecil kami dalam menyikapi krisis sekaligus agar kiita semua tetap bersemangat dalam menghadapinya.

Catatan : Foto ilustrasi, sawah di Cikarang, kondisi minggu ini. Jika panen diberbagai wilayah berjalan dengan baik, minimal ada kabar baik, dalam bentuk peningkatan cadangan pangan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − nine =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.