Bekerja untuk Beli Ipad

Puteri bungsu saya, Vivian Aulia Zahra memberikan kertas ini tadi pagi. Katanya dia mau beli Ipad, dan untuk itu dia akan bekerja agar bisa mendapat penghasilan untuk beli ipad.

Jika dia berbuat sesuatu yang harus dikerjakan, misalnya belajar atau mengerjakan PR atau shalat 5 waktu, dia kalkulasikan pendapatannya. Misalnya mandi pagi jam setengah 6 pagi, hadiahnya 1000 rupiah. Kalau nonton Youtube tidak usah diberi hadiah ?

Mengerjakan PR atau tugas sekolah hadiahnya 5000 rupiah.

Saat membaca tulisan itu, saya terharu, agak sedih sekaligus bangga. Terharu dan agak sedih karena Vivian sampai merasa kalau meminta sesuatu harus usaha dulu. Tidak sekedar meminta meski saya bisa memenuhinya. Vivian juga tahu dia punya cadangan dana yang saya siapkan untuk pendidikannya tapi dia tidak mau mengganggu alokasi itu.

Untuk apa Ipad itu? Utamanya sebenarnya untuk sekolah online. Saat ini ada laptop tapi laptop terlalu berat dan agak repot jika harus keluar masuk tas. Pakai Ipad lebih mudah dan nyaman digunakan saat dikendaraan, selain bisa dipakai juga untuk main games ?

Saya bilang pada Vivian, proposalnya saya terima, tapi itu nilainya terlalu murah/rendah. Saya bilang pada Vivian, buat dia, nilai hadiah per jamnya bisa saya berikan 100 ribu rupiah. Jadi prosesnya tidak menunggu terlalu lama.

Apalagi Vivian dan Vavai (dan seluruh keluarga) membantu saya menimbang sale pisang, mengemasnya, menempelkan branding Zeze Zahra hingga membungkus pengirimannya. Pekerjaan itu tetap saya hargai sebagai bonus tambahan.

Saya ingat dulu saat saya membantu baba dan enyak (bapak dan ibu) saya, meski pada anak sendiri, baba atau enyak tetap memberikan hadiah dalam bentuk uang yang bisa saya gunakan atau saya tabung, misalnya untuk membeli sepatu. Biasanya hal itu dilakukan kalau saya membantu memetik buah (rambutan, jambu, mangga) untuk dijual atau berjualan es mambo.

Saya bangga pada pola pikir Vivian. Barakallahu fii umrik princess Vivian dan Zeze Vavai.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.