Wasabi Hot Cloud Storage

Setelah menggunakan Amazon S3 dan mencoba layanan DigitalOcean Spaces, akhirnya saya menggunakan keduanya di lingkungan Excellent. Amazon S3 dipakai pada beberapa server sedangkan DigitalOcean Spaces dipakai di server lainnya termasuk untuk data archival mail server utama Excellent.

2 Hari yang lalu saat agenda briefing harian, saya memberikan simulasi mengenai tata cara penggunaannya. Hal ini merupakan kebiasaan di Excellent, agar jika ada suatu pengetahuan langsung dispiralisasikan, agar team lain bisa beradaptasi dan menggunakan pengetahuan yang sama untuk kemudian mengembangkannya.

Saat proses simulasi itu, salah satu engineer senior Excellent, Nugi Abdiansyah menginformasikan mengenai alternatif layanan object storage lainnya yang juga sama-sama menggunakan Amazon S3 alike, yaitu Wasabi Hot Cloud Storage.

Wasabi memberikan apa yang diberikan S3 dan Spaces, yaitu object storage yang bisa digunakan untuk berbagai macam file untuk kemudian digunakan untuk keperluan lain, misalnya sebagai file yang ditempatkan di web. Jika Amazon S3 menggunakan skema kompleks untuk perhitungan biaya dan DigitalOcean Spaces memberikan mekanisme yang lebih sederhana, Wasabi memberikan mekanisme yang sama sederhananya namun dengan biaya yang lebih murah. 1 TB hot cloud storage di Wasabi dikenakan biaya US$ 4.99/bulan dengan menggratiskan biaya bandwidth.

Salah satu kekurangan Wasabi adalah saat ini hanya tersedia di data center US-West dan US-East, berbeda dengan Amazon S3 dan DO Spaces yang terletak pada berbagai data center dengan lokasi geografis berbeda, salah satu diantaranya terletak di Singapore.

Meski saat ini terletak di data center USA dengan opsi data center baru di Eropa, namun sebagai bahan pembelajaran ini menarik juga. Minimal bisa saya jadikan sebagai cadangan backup dengan pertimbangan besarnya kapasitas dan bebas biaya bandwidth.

Nugi sudah membuat tulisan mengenai cara menggunakan Wasabi sebagai file system menggunakan S3FS. Tutorialnya bisa dibaca disini : Cara Export Bucket Wasabi Sebagai Filesystem Menggunakan S3FS. Rencananya waktu akhir pekan ini saya gunakan untuk mencoba tutorial yang dibuat oleh Nugi tersebut.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.