DigitalOcean Spaces dan Amazon S3

Karena mekanisme pricing Amazon S3 yang cukup complicated, saya awalnya hampir tidak pernah menggunakan S3. Daripada saya kena tagihan diluar perkiraan secara mendadak, lebih baik saya cari yang pasti-pasti saja. Namun karena niatnya belajar sekaligus ada beberapa kebutuhan, ditambah dengan kehandalan S3, akhirnya saya menggunakannya pada beberapa project pekerjaan.

Karena memang digunakan untuk menyimpan file-file yang jarang dipakai, biaya yang dikeluarkan untuk S3 masih masuk akal.

Meski demikian, saya juga tertarik dengan DigitalOcean (DO) Spaces. Dengan mekanisme object storage yang mirip dengan S3 dan kompatibilitas dengan perintah dan API berbasis S3, saya mencoba menggunakan DO Spaces pada beberapa project internal Excellent.

Selain harga yang relatif murah (5$ per bulan untuk kapasitas hingga 250 GB dengan alokasi bandwidth 1 TB), DO Spaces juga sudah dilengkapi dengan built-in CDN (Content Delivery Network) sehingga akses dari lokasi geografi yang berbeda diharapkan tidak terlalu delay.

Saat hendak pakai DO Spaces memang sempat terlintas dipikiran, sepertinya lebih aman pakai Amazon S3 mengingat nama besar dan pengalamannya. Namun saya ingatkan ke diri sendiri, “Mengapa saya harus terpengaruh nama besar untuk mencoba suatu pengalaman baru”. Seperti dulu, jaman masih kuliah, pengetahuan saya hanya sebatas sistem operasi Windows dan bagi saya sistem lain seperti Novell Netware sudah usang dan sistem operasi Linux sedikit yang pakai. Saya tidak berpikir bahwa semua yang kini populer juga awalnya sedikit yang pakai.

Disisi lain, saya juga kan bisa antisipasi. Misalnya menggunakan DO Spaces untuk keperluan tertentu yang relatif bisa saya gantikan jika terjadi sesuatu pada data. DO Spaces tidak saya implementasi ke klien langsung melainkan dipakai disisi Excellent untuk keperluan internal. Saya juga bisa ujicoba apakah ada implikasi terhadap kecepatan data mengingat DO Spaces ini ada pada layanan dan sistem yang berbeda.

Untuk saat ini, DO Spaces digunakan untuk data tertiary, yaitu data arsip email-email Excellent yang otomatis terisi menggunakan mekanisme HSM (Hierarchical Storage Management). Misalnya data-data email yang usianya lebih dari 6 bulan otomatis terkirim ke DO Spaces. Kami masih punya cadangan data tersebut yang ditempatkan di server lain secara berkala sambil mereview kualitas dan performa dari DO Spaces ini.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.