Rekomendasi Ebook : “How the Internet Happened: From Netscape to the iPhone”

Setelah ebook “The Longest Day”, ebook yang tuntas saya baca di minggu ini adalah How the Internet Happened: From Netscape to the iPhone.

Brian McCullough menyusun narasi dalam ebook ini sedemikian menarik karena mengawali bukunya dalam bentuk cerita awal mula internet mudah diakses oleh masyarakat luas melalui rilis Mosaic Browser oleh Marc Andreesen hingga dirilisnya iPhone sebagai bentuk evolusi internet yang semakin merasuk ke kehidupan sehari-hari. Internet memang sudah ada sejak jaman ARPANET namun sampai sebelum adanya Mosaic browser, internet masih beredar pada kalangan terbatas.

Awalnya saya skeptis apakah buku ini cukup layak untuk dikoleksi, karena benefit apa yang bisa didapatkan dari cerita masa lalu. Itu sebabnya saya tidak langsung membelinya melalui Kindle melainkan membaca sample bukunya terlebih dahulu.

Sample buku itu menarik minat saya lebih lanjut karena narasi yang dibangun oleh Brian McCullough mengajak kita untuk melihat sejarah terbentuknya ekosistem internet, termasuk sejarah awal mula startup IT dengan IPO fenomenal dari Netscape. Kisah bagaimana Microsoft mampu membelokkan stir dan mendapat bagian dari ekonomi internet meski sempat terlambat masuk saat internet mulai menjadi euforia.

Selanjutnya cerita mengenai AOL, search engine pertama, terbentuknya Yahoo, Ebay, Amazon, Google, PayPal, Wikipedia, Youtube, Facebook, Palm, Blackberry, iTunes, iPod hingga iPhone. Kronologis cerita berbagai perusahaan yang mewarnai kehidupan internet saat ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita yang ingin memahami bagaimana suatu masalah dipecahkan dalam bentuk realisasi ide sederhana hingga kemudian berkembang menjadi bisnis miliaran dollar.

Salah satu bagian yang menarik lainnya adalah kisah mengenai dotcom bubble, keruntuhan perusahaan-perusahaan internet pada tahun 2000-an akibat investasi irasional dan euforia IPO perusahaan internet yang dihargai terlampau tinggi padahal fundamental perusahaannya tidak terlalu baik. Cerita mengenai dotcom bubble ini bisa menjadi pembelajaran baik bagi investor maupun founder startup yang ingin membangun bisnis besar dengan fundamental bagus.

Saya tuntas membaca buku ini setelah 1 minggu, dengan meluangkan waktu di malam hari dan beberapa waktu di siang hari saat istirahat. Bagi para pendiri startup, calon investor/trader maupun bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia bisnis dan IT, ebook ini sayang untuk dilewatkan.

Ebooknya bisa dibeli via Kindle melalui link ini : How the Internet Happened: From Netscape to the iPhone atau bisa juga dengan klik pada gambar dibawah ini (catatan : ada referensi affiliasi saya) :

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.