Rekomendasi Ebook : The Longest Day

Selain buku-buku tentang komputer, saya menyukai cerita tentang perang, terutama perang dunia kedua dan pernak-perniknya. Salah satu buku (dan film) yang menjadi favorit saya adalah The Longest Day: The Classic Epic of D-Day

Brigjen Norman Cota, diperankan oleh Robert Mitchum

The Longest Day adalah buku yang ditulis oleh Cornelius Ryan yang bercerita mengenai kisah pendaratan tentara sekutu di Normandia yang kemudian menjadi titik point kalahnya Jerman pada perang dunia kedua. Judul buku ini diambil dari perkataan Jenderal Erwin Rommel pada ajudannya Hauptmann Helmuth Lang pada tanggal 22 April 1944 :

“…the first 24 hours of the invasion will be decisive…the fate of Germany depends on the outcome…for the Allies, as well as Germany, it will be the longest day.”

Saya pertama kali melihat The Longest Day justru melalui filmnya yang dirilis di tahun 1962 dan pernah ditayangkan di TV nasional. Saya lupa TV nasional yang mana, hehehe… Meski film lama, tampilannya masih bagus dan ceritanya menarik, apalagi sebagian besar ceritanya didasarkan pada kisah nyata. Setelah di TV, saya beberapa kali menontonnya melalui film on demand atau melihat cuplikannya di Youtube.

John Wayne sebagai Letkol Benjamin H. Vandervoort

Selain kisah nyata, persiapan invasi yang menyita waktu, pressure yang dirasakan oleh ahli cuaca yang harus memprediksi kondisi cuaca saat perjalanan dan pendaratan invasi, ada juga selingan beberapa kisah komedi yang memicu senyum, seperti kisah salah seorang serdadu yang terjun payung dan payungnya tersangkut di dekat lonceng gereja. Saat ia hendak mengambil pisau untuk melepaskan payung, pisaunya jatuh didekat tentara Jerman. Beruntung, sebelum tentara Jerman memberondongkan peluru, tentara Jerman tersebut dirobohkan oleh peluru prajurit sekutu lainnya. Meski demikian, serdadu tersebut sempat tuli beberapa hari karena kelamaan mendengar bunyi lonceng gereja yang keras 🙂

Setelah membiasakan diri membaca artikel bahasa Inggris dengan beberapa tips yang saya tuliskan disini : Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris, saya akhirnya kerap membeli ebook bahasa Inggris. Selain melalui Google Play Book, saya juga akhirnya menginstall aplikasi Kindle di HP dan membeli ebook terkait IT, kisah sukses dan pertempuran atau kisah militer, dan membacanya melalui aplikasi Kindle tersebut. Salah satu ebook yang pertama saya baca adalah ebook The Longest Day ini.

Dengan harga sekitar 10$, ebook ini lebih dari layak untuk dikoleksi. Bagi para penggemar buku pak PK Ojong mengenai seri “Perang Eropa”, ebook ini memuat banyak hal yang masuk kedalam buku tersebut.

Ebook ini bisa dibeli via aplikasi Kindle di Android atau iPhone, atau bisa juga melalui perangkat ebook reader Amazon Kindle. Bisa klik gambar diatas atau bisa klik link ini : The Longest Day: The Classic Epic of D-Day

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.