Pohon Pisang Dalam Pot di Markas Excellent

Karena senang bercocok tanam, saya membawa kebiasaan itu di markas Excellent. Di belakang Markas Excellent Premier Serenity ada sepetak lahan kecil yang dibuat taman. Saya ingin menanam pohon pisang Mas Kirana dan pisang Lampung namun lahannya tidak memadai. Daripada repot, saya membeli beberapa pot besar dan menanam pisang tersebut di dalam pot.

Bibitnya saya datangkan dari Lumajang dan dari Lampung. Membelinya lewat toko online. Setelah ditanam beberapa lama dari bibit kecil, sekarang tanamannya sudah cukup besar.

Selain pohon pisang, saya juga menanam bibit nanas dari Bengkulu dan dari Malang di dalam pot. Ada juga bibit nangka mini. Awalnya taman dengan rumput dan bunga malah berubah menjadi kumpulan bibit tanaman buah.

Untuk keperluan refreshing, saya juga memelihara ikan dibawah saung yang biasanya digunakan untuk shalat, bekerja dan beristirahat. Ada ikan Patin, ikan Nila Merah, Ikan Gurame dan ikan Bawal. Ikan itu dipelihara dari masih kecil dan imut dan sekarang sudah cukup besar sehingga memenuhi kolam.

Setiap pagi rutinitas saya adalah menyiram tanaman dan memberi makan ikan. Baru kemudian membuka laptop untuk mengecek pekerjaan. Kadang jika siang, saya beristirahat atau bekerja di saung agar bisa menghirup udara segar sambil mendengarkan gemercik air dari pancuran kolam.

Saya tidak tahu apakah nantinya pohon pisangnya bisa berbuah atau tidak. Kalau saya lihat di beberapa video Youtube sih bisa. Asal dirawat dengan baik. Namanya ikhtiar ya saya jalani saja, minimal kalau mau pepes ikan atau belut, saya tidak perlu jauh-jauh memetik daun pisang dan daun salamnya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.