Anakan Ayam (DOC) KUB

Setelah melihat ternak ayam KUB (Ayam Kampung Unggul Balitbangtan-Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian) di rumah Qchen adik saya, saya tertarik untuk memelihara ayam KUB di lingkungan toko pertanian Zeze Zahra.

Untuk keperluan itu, saya membuat sebuah kandang ayam sederhana. Rencananya kandang tersebut akan diisi anakan ayam umur sehari atau DOC (Day Old Chicken).

Saya membeli anakan ayam KUB sebanyak 2 box masing-masing berisi 100 ekor. 100 ekor akan dipelihara oleh Qchen dan 100 ekor lagi dipelihara oleh bang Adul dan bang Satir di toko pertanian Zeze Zahra.

Beberapa hari yang lalu anakan ayamnya datang, diterima oleh Ayla puteri bungsunya Qchen. 1 box anakan ayam dibawa ke toko pertanian dan kemudian dimasukkan ke kandang yang baru saja dibuat.

Niatan memelihara anakan ayam KUB di lingkungan toko pertanian Zeze Zahra adalah bagian dari utilisasi lahan dan utilisasi sumber daya manusia. Pekarangan toko pertanian Zeze Zahra cukup luas. Selain digunakan untuk pembibitan tanaman dan kolam ikan, sudut lahan bisa digunakan untuk memelihara anakan ayam.

Toko pertanian Zeze Zahra juga punya 2 orang staff, yaitu bang Adul dan bang Satir, jadi untuk memberi makan dan mengecek kondisi ternak ayam bisa dilakukan secara periodik.

Jika kondisi anakan ayam baik dan sehat, rencana anakan ayam akan ditambah hingga menjadi satu siklus pemeliharaan. Ada anakan ayam, ayam remaja, ayam dewasa dan ayam petelur.

Ayam-ayam yang sudah dewasa nantinya akan dipindah ke lahan yang lebih luas dan akan menggunakan skema yang mirip di tempat Qchen, yaitu menggunakan sekam kering sehingga relatif aman dan tidak ada bau. Apalagi lingkungannya juga lingkungan kebun sehingga sekam yang bercampur dengan kotoran ayam bisa difermentasikan sebagai pupuk tanaman buah.

Link Youtube Pembuatan kandang anakan ayam

Link Youtube kedatangan anakan ayam


Also published on Medium.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.