Persiapan Bank Pakan untuk Ternak Kambing dan Sapi

Salah satu masalah utama beternak adalah kebutuhan pakan. Tanpa persediaan pakan yang cukup, ternak yang dipelihara bisa jadi terganggu pertumbuhannya.

Masalahnya, menyiapkan pakan yang cukup dalam jumlah besar itu menyita waktu dan tenaga. Jika harus mengupah orang, biayanya juga jadi cukup besar. Jika harga jual ternak tidak terlalu tinggi, nanti hasilnya bukan untung melainkan buntung karena hasil ternak tidak dapat menutup biaya pemeliharaan.

Saya punya ternak kambing didekat rumah kabin Zeze Zahra. Karena terbentur masalah yang sama dalam hal pakan, saya berusaha mencari tahu lewat pembelajaran di Youtube. Ada beberapa inspirasi dan pembelajaran dari peternak yang sudah lebih berpengalaman. Ada yang menanam rumput gajah, rumput odot, membuat fermentasi pakan dan lain-lain.

Akhirnya pembelajaran itu coba diterapkan. Saya menanam rumput odot di tepian pagar rumah kabin sebagai percobaan. Ternyata berhasil. Rumput odot itu tumbuh subur dan bisa dijadikan sebagai pakan tambahan. Saya berencana untuk menanam rumput odot lebih luas pada lahan kurang produktif di sekitar area Zeze Zahra.

Adik saya Achos Maryadi Aris Munandar juga beternak kambing. Ia menanam rumput odot di tegalan sebagai bank pakan. Persediaan pakan hijauan ini sangat membantu mengurangi beban penyediaan makan. Kalaupun tidak mencukupi, bisa ditambah dengan pakan lain namun tidak sesulit jika harus menyediakan pakan dari hasil “ngarit” setiap hari.

Melihat anak kambing yang sehat dan hamparan rumput odot yang tumbuh menghijau bisa menjadi bagian dari refreshing pribadi sekaligus bagian dari investasi “bisnis daratan” untuk pencapaian Financial Independence.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.