Ladang Pertanian

Hari Sabtu, 25 Juli 2020 kemarin saya main ke Karawang. Melihat sawah yang baru selesai ditraktor, melihat anak kambing yang baru lahir dan juga berkunjung ke kebun pisang.

Di sekeliling kebun pisang ada ladang pertanian. Petani menanam berbagai jenis sayuran dan palawija. Ada terong ungu, timun, kacang panjang, pare dan labu.

Saya senang suasana ladang pertanian seperti ini. Udaranya segar dan pemandangannya luas, pemandangan sayuran hijau.

Jika suasana terik, saya bisa berteduh di saung atau dangau atau dibawah pohon rindang. Angin sepoi-sepoi dan suara burung menenangkan pikiran. Itu sebabnya saya membayangkan satu waktu nanti saya akan bertempat tinggal disana, dengan rumah kayu sebagaimana suasana rumah kecil di tengah padang rumput.

Jika pendapatan sudah masuk level financial independence, tentu akan lebih mudah menjalani kegiatan tersebut, karena kehidupan yang dijalani bukan untuk bekerja keras mencari nafkah sebagaiman usia muda melainkan untuk menjalani kehidupan lebih baik lagi.

You may also like

1 Comment

  1. seperti pemandangan sehari hari di desa saya di Gunungkidul mas. 🙂 bedanya kayaknya tanah tanah dan jenis sayur mayur yang ditanam oleh mereka 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.