Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris

Meski sudah bertahun-tahun belajar Bahasa Inggris (sejak SMP), saya tidak terlalu percaya diri untuk berkomunikasi menggunakan bahasa ini. Kalau situasinya terpaksa seperti saat saya ke Thailand dan Arab Saudi kemampuan ini memang keluar juga namun karena tidak dibiasakan jadi tidak terlalu percaya diri.

Hal ini berbeda jika saya membaca artikel bahasa Inggris. Awalnya saya sempat bingung juga cara membiasakan diri membaca artikel-artikel ini namun karena tuntutan pekerjaan dan pembelajaran, saya berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami artikel bahasa Inggris. Dulu saya suka heran jika melihat rekan sebaya yang membaca novel bahasa Inggris. Saya pikir, gimana caranya bisa paham isi novel kalau otak harus mengolah cepat menerjemahkan tulisan sekaligus memahaminya. Ternyata strateginya tidak susah-susah amat.

Strateginya adalah, jangan menerjemahkannya tiap kata. Biasakan untuk menerjemahkan satu konteks kalimat. Biar saja kita tidak mengerti beberapa kosa kata tertentu, minimal kita bisa paham maksud dari suatu kalimat. Dengan cara itu kita tidak harus berhenti menerjemahkan kata per kata dan otak kita bisa berpikir secara cepat untuk mengikuti bacaan kita.

Sekarang sudah ada Google Translate yang bisa memiliki kemampuan inline translator, jadi kita bisa memilih suatu kata tertentu, kemudian meminta terjemahan kata tersebut tanpa harus keluar dari bacaan.

Contohnya pada screenshot gambar berikut, saya menggunakan aplikasi Feedly di Android untuk membaca artikel vi RSS Feed, kemudian menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan kata fidgety yang belum saya ketahui artinya. Saya bisa juga memilih atau memblok suatu kalimat kemudian memilih menu Translate sehingga bisa langsung menerjemahkan per kalimat.

Dari screenshot berikut, pilih menu more (lambangnya adalah tanda titik 3 buah) disamping menu share,kemudian pilih menu Translate.

Dibawah ini adalah contoh hasil terjemahannya. Kebetulan contohnya menggunakan sebuah kata, meski bisa saja satu kalimat atau beberapa kalimat.

Dengan cara membaca satu konteks kalimat, kita akan lebih cepat memahami suatu isi artikel dan dengan demikian akan mendorong kita untuk lebih senang membaca artikel lainnya. Dengan terbiasa membaca artikel, tentu akan meningkatkan jumlah kosa kata yang kita ketahui. Kita bisa membaca artikel di internet, buku, koran maupun majalah berbahasa Inggris.

Saat ini kemampuan berbahasa Inggris mungkin statusnya sudah wajib, sebagai pembuka jalan agar kita belajar lebih banyak lagi. Bahkan mungkin, dengan kemampuan bahasa saja, seseorang sudah bisa menghidupi hidupnya sendiri. Kemampuan bahasa Inggris adalah jalur pembuka untuk kemampuan bahasa asing lainnya.

Sekarang PR besar buat saya pribadi adalah melancarkan cara komunikasi dan conversation secara langsung. Saya memang ingin satu waktu ke kampung Inggris di Kediri untuk kursus conversation secara langsung selama beberapa minggu, namun pertimbangan waktu dan pekerjaan belum memungkinkan saya untuk itu. Kalaupun tidak memungkinkan, pembiasaan untuk komunikasi ini akan saya coba menggunakan opsi lainnya. Contoh opsi lainnya adalah, datang langsung ke negara yang native bicara bahasa asing, jadi bisa langsung komunikasi karena terpaksa, hehehe…

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.