Plugins Gallery untuk Menggantikan Gallery Block WordPress (Images Size)

Saya sebenarnya cukup senang dengan editor Wodpress versi yang baru (Gutenberg), hanya saja ada kesulitan dalam menggunakan block gallery-nya.

Saat menggunakan gallery block bawaan Gutenberg, saat posisi draft tampilan grid gallery block-nya rapi seperti ini :

Namun saat publish, hasilnya jadi berantakan seperti ini :

Saya tahu, ukuran size gambar-nya memang berbeda-beda. Justru karena itu saya kepingin si gallery lebih cerdas, jadi menyesuaikan ukurannya agar lebih enak dilihat. Buktinya saat posisi draft, ukurannya bisa seragam semua kok.

Setelah beberapa lama mencari-cari konfigurasi atau settings yang tepat, browsing ke beberapa literatur tanpa hasil dan mencoba utak-atik coding khawatir tidak standard, akhirnya saya mencoba plugins lain yang fungsinya sejenis.

Akhirnya ketemu plugins Simply Gallery Box atau Simply Lightbox. Plugins ini berfungsi sebagai pengganti gallery block bawaan Gutenberg WordPress. Bisa digunakan persis sama sebagaimana gallery block, namun hasilnya excellent 🙂

Ini contoh draft menggunakan Simply Gallery Box

Dan ini adalah hasil saat publish/view :

Hasilnya konsisten, tampilannya lebih enak dilihat dan dibuat model grid. Selain tampilan grid, Simply Gallery Block juga menyediakan model tampilan Masonry Gallery (penempatan gambar disesuaikan dengan tinggi rendah gambar, menyamakan tinggi gambar tapi menyesuaikan lebar, jadi tidak monoton sama rata seperti grid) dan ada juga model Justified, yang akan menyamakan tinggi gambar namun mempertahankan lebarnya.

Contoh penggunaan gallery ini saya gunakan pada posting “Membangun Rumah Kabin/Rumah Kayu di Kebun Pisang”.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.