Persiapan Kuliah S2 MSIT Semester Dua

Hari Senin 9 Januari 2022 kemarin saya mulai kuliah kembali untuk periode semester dua untuk program master MSIT. Sama seperti semester satu, ada lima mata kuliah yang akan saya ikuti, yaitu :

Senin : Machine Learning
Selasa : Ethical Hacking and Cyber Security
Rabu : Intelligent Search Engine
Kamis : BIg Data Analytics
Jum’at : Voice and Image Recognition

Mekanisme kuliahnya masih full online, namun dengan beberapa aturan yang lebih ketat. Salah satunya misalnya kewajiban untuk on cam (turn on camera) selama kuliah dilakukan. Hal ini membuat saya mesti jaim selama beberapa jam, hehehe…

Ada mata kuliah yang menurut saya terbalik formasinya (seharusnya didapat di semester sebelumnya), yaitu mata kuliah Machine Learning. Machine Learning menjadi dasar bagi mata kuliah Business Intelligence yang saya dapatkan di semester satu, padahal mata kuliah Machine Learning baru didapatkan di semester dua ini 🫣. Mungkin pihak kampus punya pertimbangan sendiri mengenai hal ini.

Ada beberapa mahasiswa baru yang juga ikutan bergabung di kelas baru ini. Mereka dari batch baru dan bagi mereka, semester ini merupakan semester pertama. Sebagian besar merupakan mahasiswa yang bekerja di sekitar Jababeka. Ada yang merupakan alumni President University dan ada juga alumni dari kampus lain.

Belajar dari pengalaman di semester lalu, saya berusaha lebih disiplin di semester ini. Misalnya jika ada tugas, saya berusaha untuk langsung menyelesaikannya pada kesempatan pertama, tidak ditunda hingga mepet waktu.

Tantangan lain adalah waktu olah raga saya jadi lebih sempit. Saya mesti olah raga di pagi hari sebelum Shubuh atau di sore hari sebelum kuliah atau sekalian malam hari setelah kuliah. Bisa juga saya olah raga di siang hari saat bekerja di markas Excellent. Prinsipnya, saya harus bisa menyeimbangkan masing-masing kegiatan yang saya lakukan.

Kuliah di semester dua ini berarti mengembalikan saya ke ritme kegiatan di 3-4 bulan kemarin, yaitu fokus di kuliah dan jadi jarang bisa kelayapan secara leluasa, terutama di hari kuliah atau di malam hari. Tidak apa-apa, memang mesti ada beberapa hal yang perlu disesuaikan selagi kita berusaha mencapai tujuan yang diinginkan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.