Markisa

Ada beberapa tanaman buah yang sekarang jadi fokus di Zeze Zahra. Selain anggur dan pepaya, salah satunya adalah Markisa.

Alasan mengapa saya memilih Markisa sebagai salah satu tanaman buah pilihan, karena markisa yang tumbuh di rumah kabin Zeze Zahra buahnya banyak sekali. Awalnya saya menanam 3 pohon. Pohon pertama Markisa ungu berbuah lebat sekali. Pohon kedua markisa belum jelas 🫣😁 sudah mulai berbuah sedangkan pohon markisa ketiga yang dirambatkan ke pohon asam adalah Markisa ungu yang sudah mulai berbuah juga.

Karena hasil buahnya menyenangkan, saya menambahkan hampir 10 bibit markisa madu yang rasanya lebih manis lagi.

Karena buahnya banyak dan daunnya lebat, markisa ini cocok dijadikan sebagai tanaman naungan alami. Misalnya untuk kanopi alami maupun untuk kanopi pintu gerbang.

Markisa juga cocok untuk ditanam di sekolah atau fasilitas umum seperti masjid. Karena buahnya banyak, tidak perlu rebutan untuk memetik buahnya.

Markisa ungu yang sudah berbuah maupun markisa madu yang baru saya tanam bisa dimakan langsung sebagai buah meja maupun dijadikan sebagai juice. Bisa juga dijadikan sebagai minuman hangat atau minuman dingin dengan rasa yang menyegarkan.

Video mengenai markisa :

1. Tips Membuat Minuman Markisa Ungu : Petik Langsung dari Pohon

2. Markisa Ungu yang Manis Menyegarkan : Zeze Zahra Excellent Farm

Tertarik menanam markisa? Di toko pertanian Zeze Zahra ada bibitnya kok, hehehe… https://tokopedia.com/zezezahra


Also published on Medium.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 2 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.