Aplikasi Ebook Ipusnas

Salah satu aplikasi untuk membaca ebook dengan koleksi buku yang cukup banyak. Saya bisa menemukan buku-buku pak Ahmad Tohari, alm pak Aa Navis, alm pak Suparto Brata, alm pak AH Nasution dan banyak lagi. Sangat menarik bagi penggemar buku seperti saya.

Saya bahkan bisa menemukan buku mata-mata karangan pak Suparto Brata, salah satu buku paling keren mengenai kisah agen intelijen Republik di masa perang kemerdekaan.

Beberapa tahun yang lalu saya bisa bertemu dengan pak Suparto Brata saat ada pekerjaan dinas di Surabaya dan saya menghormati keluasan pandangan dan wawasannya. Semoga husnus khotimah pak. Demikian juga untuk pak Nas, salah satu intelektual militer Indonesia berintegritas yang punya pengalaman luas sejak masih muda. Semoga husnul khotimah pak. Aamiin…

Buku pak Nas “Sekitar Perang Kemerdekaan” dan “Memenuhi Panggilan Tugas” merupakan buku yang rasanya wajib dibaca bagi kita yang ingin memahami kualitas intelektual pak Nas, terutama bagi para penggemar buku bagus.

Meski sudah cukup bagus, masih banyak hal yang bisa diperbaiki dari aplikasi Ipusnas. Misalnya soal stock buku untuk dipinjam, saya belum tahu apa yang membuat stock ebook/buku elektronik harus dibatasi jumlahnya. Apakah karena soal lisensi atau royalti atau karena soal kapasitas data server.

Kemudian dari sisi usability, saat meminjam buku untuk dibaca selalu ditanya “Are you sure?”. Menurut saya ini agak absurd, karena namanya hendak membaca, ya nggak perlu ditanya juga pasti sure dong ah. Kecil kemungkinan saya salah klik atau salah tekan memilih tombol “borrow” atau pinjam, karena kalaupun iya salah pilih, saya bisa mengembalikannya.

Menurut saya, model aplikasi yang bisa mencerdaskan masyarakat seperti ini harus terus didukung. Bahkan jika terkendala royalti atau lisensi, pemerintah bisa membantu anggaran sebagaimana halnya mekanisme buku BOS di sekolah. Ini semacam pemikiran, karena meski ada pengeluaran uang, uangnya juga bisa kembali pada peningkatan budaya literasi dan upaya mencerdaskan bangsa.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.