Suasana Training Virtualisasi Server Berbasis VMware vSphere 6.7

Sesuai dengan agenda, training virtualisasi server berbasis VMware vSphere 6.7 dimulai pada hari Sabtu 16 Februari 2019 dan akan berlangsung selama 4 hari. Kegiatan training dilakukan di markas operasional Excellent, markas Premier Serenity di jalan KH Agus Salim Bekasi.

Ini merupakan training pertama dengan acuan pada buku VMware vSphere 6.7 Edisi 2019. Format training juga diubah dan disesuaikan. Sekarang masing-masing peserta diberikan cluster sendiri, dengan 2 vSphere host dan 1 vCenter. Mereka bisa dengan leluasa mengatur host dan vCenter masing-masing tanpa khawatir ada rekan sesama peserta training yang salah ubah konfigurasi 🙂

Sekarang juga sudah menggunakan skema lab, sehingga ada sesi penjelasan dan sesi lab masing-masing peserta. Skema ini diterapkan agar pembahasan masing-masing materi bisa berjalan secara komprehensif dan mudah dicerna.

Sejauh ini (dan harapan kedepan), proses training berlangsung dengan lancar tanpa kendala dan target pemahaman masing-masing peserta bisa tercapai dengan baik. Beberapa catatan terkait proses implementasi dan training akan menjadi masukan untuk perbaikan standar prosedur training di Excellent sekaligus menjadi perbaikan bagi ebook dan buku yang diterbitkan.

Sebagai catatan tambahan, bagi yang menunggu training vSphere pada jadwal berikutnya, tersedia ebook materi training dan ada opsi inhouse training (training diselenggarakan di kantor klien). Jika klien tidak memiliki perangkat, Excellent bisa mengangkut server-server yang akan digunakan untuk simulasi 🙂

Link :

  1. Ebook VMware vSphere 6.7 Edisi 2019
  2. Training Virtualisasi Server

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.