Special Class Training Virtualisasi Server Berbasis VMware vSphere Versi 6.7

Mulai hari Senin 25 Februari sampai dengan hari Kamis 28 Februari 2019, Excellent kedatangan tamu dari PT Pelabuhan Indonesia 1 (PT. Pelindo1) yang mengikuti training Virtualisasi Server Berbasis VMware vSphere 6.7.

Training ini diselenggarakan dengan mekanisme special class training. Berbeda dengan training reguler, special class training bisa memilih schedule hari dan waktu secara fleksibel dan bisa menyesuaikan silabus dengan custom materi yang diinginkan.

Silabus materi training mengacu pada buku VMware vSphere Versi 6.7 Edisi 2019. Mekanisme labs untuk training juga mengacu pada buku tersebut. Masing-masing peserta diberikan akses ke labs berupa 2 buah server vSphere 6.7 dan 1 buah vCenter 6.7. Dengan demikian, masing-masing peserta memiliki keleluasaan untuk melakukan simulasi secara bebas pada cluster server yang dimiliki.

Karena special class training ini diselenggarakan di hari kerja dan saat ini instruktur training vSphere di Excellent masih terbatas saya sendiri, dengan terpaksa saya mengorbankan waktu kuliah pekan ini. Dengan mempertimbangkan hal ini, proses alih pengetahuan dan alih kemampuan instruktur training untuk materi VMware vSphere harus dipercepat prosesnya, agar Excellent memiliki instruktur-instruktur yang yang dapat menggantikan tugas saya, sebagaimana yang sudah berjalan pada materi-materi training Proxmox, Zimbra, Untangle dan lain-lain.

Saat ini Excellent memiliki 2 orang staff dengan kemampuan VCP (VMware Certified Professional) dan harapannya di tahun ini bisa bertambah satu orang lagi. Selain kapabilitas instruktur, kami juga berusaha melengkapi keperluan labs, membuat simulasi server yang mendekati situasi riil server production sekaligus merevisi dan menyesuaikan materi-materi training agar lebih mudah dipahami.

Semoga proses trainingnya berjalan dengan lancar sesuai harapan sampai dengan selesai dan semua peserta mendapat pemahaman materi secara maksimal.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.