Sangkuriang Membangun Saung

Seminggu sebelum acara ulang tahun Excellent, ada catatan yang harus disiapkan, yaitu tempat wudhu, toilet di kebun dan saung untuk shalat, beristirahat dan menyimpan barang.

Saat itu juga saya info ke Qchen Marsan Susanto agar segera disiapkan. Qchen bergerak cepat dan memesan balok-balok kayu dan papan. Ukuran saung disurvei. Saya tidak mau menebang pohon ataupun dahan pohon mangga. Akhirnya diputuskan untuk menempatkan saung diantara 2 pohon mangga besar, sedangkan tempat wudhu dan toilet diletakkan disudut kebun.

Qchen membuat rangka saung knock down sementara team infra membersihkan lahan dan menggali tanah baik untuk septic tank maupun untuk pondasi saung.

Awalnya saya hendak membangun rumah kabin. Tapi karena sementara waktu masih sesekali ke kebun, jadi membangun saung terasa lebih cocok. Pondasi saung diset agak tinggi sebagai tindakan preventif terhadap kemungkinan banjir.

2 hari sebelum acara ulang tahun, saung sudah siap. Tempat wudhu dan toilet juga siap. Listrik juga siap. Jadi saat saya ke kebun, saya tetap bisa bekerja secara remote sambil mendengarkan alunan degung dan kecapi suling.

Kalau diniatkan, insya Allah kesampaian ?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.