Persiapan Training Virtualisasi Server Berbasis VMware vSphere

Besok ada training perdana Virtualisasi Server Berbasis VMware vSphere untuk periode tahun 2019. Lokasinya di markas Excellent Premier Serenity.

Peserta yang registrasi dan confirmed ada 7 orang. 2 dari Salatiga, 2 dari Jakarta, 1 dari Surabaya dan 1 dari Bekasi.

Sejak awal pekan sampai hari ini team Excellent melakukan simulasi mekanisme pengajaran yang baru, sekaligus penyesuaian dan perubahan materi buku manual training dan lab.

Jika sebelumnya di meja training ada PC server berbasis Intel NUC, untuk kali ini semua server di tempatkan di lokasi terpisah, terkumpul menjadi satu agar lebih rapi dan lebih mudah dikelola. Nantinya setiap peserta bisa duduk di meja mana saja, cukup mengakses informasi server yang diberikan dalam berkas lab training.

Mulai training ini, setiap peserta mendapat jatah 32 GB memory, terdiri dari 8 GB host1, 8 GB host2 dan sisanya untuk vCenter dan cadangan.

Dengan mekanisme ini, setiap peserta akan mengelola data centernya sendiri, dengan 2 host dan 1 vCenter plus akses ke shared storage sendiri.

Untuk persiapan skenario diatas, Excellent melakukan investasi dalam bentuk upgrade spesifikasi server, switch, storage dan access point, termasuk merapikan data-data repo dan software yang dibutuhkan saat training.

Semoga semua berjalan lancar sesuai harapan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.