Pekerjaan Excellent

Selain menangani layanan berbasis cloud, Excellent memberikan layanan yang sifatnya on-premise. Biasanya layanan on-premise ini diberikan untuk klien yang karena sifat nature bisnisnya tidak memungkinkan menggunakan data center milik pihak lain atau bisa juga ada pertimbangan investasi hardware yang sudah dilakukan. Contoh perusahaan klien Excellent yang menggunakan layanan ini misalnya dari pemerintahan, perbankan, BUMN dan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan.

Tipe pekerjaannya bisa beragam, mulai dari memberikan jasa konsultasi, melakukan implementasi sistem, memberikan layanan maintenance dan update sistem, melakukan improvement sistem dan menyediakan berbagai layanan kelengkapan sistem, termasuk juga layanan training atau share knowledge bagi para staff atau personil yang terlibat.

Mekanisme support untuk klien seperti ini bisa beragam, bisa sifatnya on call bisa juga 24 jam stand by support. Biasanya jika klien menggunakan jasa Excellent secara lengkap, mekanisme stand by support 24 jam ini diterima, karena dengan setup dan konfigurasi yang baik, kemungkinan adanya masalah sistem bisa dieliminasi.

Dari sisi pekerjaan, layanan on-premise ini membutuhkan effort yang lebih besar, karena harus melakukan kunjungan ke klien, baik diawal maupun saat melakukan maintenance sistem. Karena membutuhkan kunjungan, model layanan ini agak sulit dikembangkan (scaling) karena akan membutuhkan sumber daya yang lebih besar. Adanya penambahan klien akan membutuhkan sumber daya tambahan. Itu sebabnya, secara progress kedepan, Excellent lebih fokus pada mekanisme layanan berbasis cloud, dengan pertimbangan lebih mudah dalam melakukan proses scaling termasuk mengurangi adanya pemborosan dari sisi waktu, tenaga maupun biaya.

Meski demikian, hingga beberapa waktu kedepan kemungkinan layanan on-premise ini akan tetap ada. Selain karena adanya kebutuhan disisi klien yang tidak bisa diakomodir oleh layanan cloud, juga karena layanan ini biasanya memberikan pendapatan yang cukup besar dalam sekali waktu, hehehe…


Also published on Medium.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − eight =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.