Mid Semester Perkuliahan

Pekan ini dan pekan depan adalah jadwal mid semester. Alhamdulillah dosennya baik, sehingga mid semester untuk beberapa mata kuliah memiliki jadwal berbeda dan masing-masing punya mekanisme sendiri.

Untuk mata kuliah Business Intelligence misalnya, mid semester dalam bentuk presentasi hasil pengolahan data yang diambil dari UCI atau Kaggle Dataset. Dapatkan data, overview data awal, check exploratory data analysis (EDA), masukkan ke algoritma machine learning dan dapatkan insight.

Proses presentasi diawali dari overview kemudian ke insight, baru ke data-data pendukung pengambilan kesimpulan insight tersebut, misalnya dalam bentuk pattern maupun bentuk grafik.

Karena business intelligence, machine learning dan deep learning merupakan ilmu baru, saya harus mengejar ketertinggalan ilmu basicnya. Sampai dengan Jumat siang, saya masih kalut dalam memahami ilmu basicnya. Meski demikian, saya sudah buatkan semacam template mengenai materi yang akan dipresentasikan.

Saat presentasi saya mendapat giliran nomor 7 namun akhirnya maju ke giliran nomor 6 karena satu orang student mengalami gangguan koneksi. Sayapun sempat terkendala sedikit terkait koneksi mic ke Airpods, namun karena sudah menyiapkan alternatif, saya bisa lekas mengatasinya dan bisa melakukan presentasi.

Alhamdulillah, meski tidak sehebat para presenter yang awal-awal memberikan presentasi (urutan presentasi diambil dari nilai keaktifan selama pertemuan-pertemuan sebelumnya dan yang presentasi awal memang sudah jago melakukan analisa dan coding), saya mendapat nilai 80 untuk presentasi tersebut.

Masih banyak hal yang harus saya perbaiki baik dari sisi persiapan, analisa, presentasi maupun pengambilan kesimpulan dan penggunaan toolsnya, namun untuk ukuran pribadi, nilai itu menjadi awalan yang baik untuk bisa lebih baik lagi pada proses berikutnya.

Hari Minggu kemarin sampai dengan hari Rabu ada mid task terkait IT Forensics dan ini berupa gabungan analisa, penjelasan dan praktek implementasi materi yang dilakukan selama pertemuan kelas sebelumnya. Saya tidak hendak menundanya dan mulai membuat tugas tersebut pagi ini agar bisa selesai tepat waktu (selesai sebelum batas waktu maksudnya).

Untuk tugas Ubiquitous Computing dan Research Methodology, mid tasknya adalah membuat paper sedangkan untuk mata kuliah Information Retrieval, mid tasknya nanti dilakukan di awal November dan sifatnya analisa dan pemahaman terhadap materi yang diberikan.

Pengalaman mid task dan pembelajaran yang dilakukan ini merupakan hal baru bagi saya. Perlu persiapan yang lebih baik dan juga kemampuan manajemen waktu yang harus terus ditingkatkan agar bisa mengatur waktu disela-sela pekerjaan di Excellent, Aktiva dan Zeze Zahra dan disela-sela permintaan presentasi dari klien di hari kerja.


Also published on Medium.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − four =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.