Menulis di Kompasiana

Menjelang akhir tahun 2022, saya berpikir mengenai tulisan-tulisan yang biasanya saya tuliskan disini dan di Facebook. Saya berpikir bahwa sayang juga jika ide dan pengalaman yang bisa bermanfaat bagi orang lain hanya menjangkau pembaca terbatas. Niat ini bukan karena saya merasa bahwa tulisan saya pasti baik, melainkan tidak ada salahnya jika mencoba menjangkau kalangan yang lebih luas.

Selain bermanfaat untuk menyampaikan ide dan pengalaman yang bermanfaat, hal ini juga saya lakukan dalam konteks terintegrasi, yaitu meningkatkan kunjungan ke blog personal, trafik ke channel Youtube Zeze Zahra maupun ke lingkup bisnis Zeze Zahra. Itu sebabnya saya memilih jenis tulisan khusus terkait agribisnis, wirausaha dan finansial yang akan dituliskan di penyedia layanan blog lainnya.

Ada beberapa pilihan yang menarik bagi saya, antara lain :

  1. Menulis di Medium
  2. Menulis di Kompasiana
  3. Menulis di Kumparan

Menulis di Medium sudah saya lakukan. Ada dua jenis tulisan di Medium, yaitu https://vavai.medium.com/ untuk tulisan bahasa Indonesia yang merupakan salinan dari tulisan di blog personal ini dan di https://zezevavai.medium.com/ untuk tulisan bahasa Inggris dari https://vavai.net. Model penulisan ini rencananya akan saya teruskan di tahun 2023 hingga tahun-tahun mendatang.

Antara Kompasiana dan Kumparan, akhirnya saya memilih untuk menulis di Kompasiana. Keputusan ini bukan tanpa alasan. Dulu di kisaran tahun 2010, saya beberapa kali main ke kantor Kelompok Kompas Gramedia (KKG) di Palmerah, untuk berdiskusi dengan team Kompasiana yang waktu itu digawangi oleh kang Pepih Nugraha dan mas Iskandar. Saya juga sempat menulis artikel di Kompasiana, sampai akhirnya kembali fokus ke blog pribadi.

Tulisan saya di Kompasiana bisa diakses melalui link berikut : https://www.kompasiana.com/zezezahra

Saya juga tertarik untuk menulis di Kumparan, sebagai bagian dari mengasah kemampuan menulis di media publik. Mungkin nantinya saya akan menulis di Kumparan untuk satu topik spesifik tertentu. Yang agak sulit mungkin menyeimbangkan waktu menulis untuk masing-masing tempat penulisan.

Secara hierarki, prioritas penulisan adalah di blog pribadi ini, kemudian di vavai.net, Medium, Kompasiana dan Kumparan. Untuk di Medium relatif tidak terlalu sulit, karena saya bisa import tulisan di blog ke Medium, sedangkan untuk Kompasiana dan Kumparan, saya mungkin membuat tulisan baru atau minimal melakukan penulisan ulang untuk tema tertentu.

Semoga prosesnya dimudahkan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Image by StockSnap from Pixabay

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.