Upgrade Spesifikasi Intel NUC Skull Canyon

Awal tahun 2019, saya berencana melakukan upgrade spesifikasi hardware yang disiapkan untuk training VMware vSphere di markas Excellent. Sebelumnya saya pernah menulis juga mengenai upaya “Improvement mekanisme training di Excellent”. Berkaitan dengan revisi buku VMware vSphere 6.7, saya ingin sekalian meningkatkan kualitas dan merapikan mekanisme trainingnya.

Jadi target saya ada beberapa, antara lain :

  1. Melakukan update buku vSphere 6.7 edisi kedua. Perbaikan typo, penambahan materi, penambahan tugas ditiap bab sekaligus perbaikan penjelasan tiap materi. Untuk tambahan materi misalnya, saya menambahkan penjelasan mengenai distributed switch di bagian vSphere networking, vSphere Update Manager, SSL Certificate, Content Library, Network Teaming dan lain-lain. Untuk perbaikan penjelasan mencakup snapshot, VMware Tools, HA, DRS, vMotion dan vSphere Storage. Intinya, saat buku ini semakin lengkap dan pembaca tidak rugi membelinya 🙂
  2. Memastikan setiap peserta bisa melakukan simulasi keseluruhan materi secara personal. Itu artinya, setiap peserta akan mengelola 2 host vSphere dengan memory masing-masing minimal 8 GB dengan 1 vCenter, dengan direct attach storage sendiri berbasis SSD serta shared storage berbasis iSCSI dan NFS. Dengan cara ini, setiap peserta bisa melakukan simulasi secara penuh tanpa harus berbagi resources dengan rekan yang lain
  3. Membuat buku tugas/buku lab sekaligus memperbaiki materi presentasi agar lebih mudah dijelaskan dan dipahami
  4. Setiap peserta training jauh lebih mudah memahami materi training
  5. Secara bertahap, instruktur training di Excellent akan diperbanyak, terutama untuk para pemegang sertifikasi VCP

Terkait dengan tujuan diatas, saya mendatangkan memory SODIMM sebesar 16 GB per keping. Jika budget memadai, rencananya 10 Intel NUC yang ada akan diupgrade menjadi 32 GB namun jika belum memungkinkan, minimal 16 GB sehingga setiap intel NUC bisa dibuat nested 2 buah host sedangkan vCenter akan ditempatkan pada server lain secara terpisah.

Saya sebenarnya berniat membeli Intel NUC Hades Canyon, namun stock di beberapa penyedia sedang kosong. Jika mendatangkan langsung dari luar, biayanya mungkin jadi lebih mahal dan yang jelas lebih lama menunggunya. Jadi daripada lama menunggu, saya memilih untuk memanfaatkan perangkat yang sudah ada di markas Excellent.

Kemarin 2 keping memory datang setelah dipesan via Tokopedia. Salah satu staff Excellent-Choirrulloh-memasang memory ini dan setelah dicheck, memory-nya terdeteksi dengan baik.

RAM SODIMM 16 GB
RAM 32 GB pada Dashboard vSphere Embedded Host Client

Dengan spesifikasi yang lebih baik, saya bisa melakukan simulasi sistem lebih mudah sekaligus bisa melakukan improvement kualitas training secara keseluruhan.

Rencananya, training pertama VMware vSphere dengan konsep baru dan spesifikasi baru di tahun 2019 akan dilaksanakan pada 16-19 Februari 2019.

Catatan :

  1. Ebook VMware vSphere 6.7 tersedia pada Google Play. Saat ada rilis baru, otomatis akan terupdate dengan materi baru
  2. Jika lebih menyukai format buku cetak, buku VMware vSphere 6.7 tersedia juga di Tokopedia dan Bukalapak, hanya saja versi cetak tidak otomatis terupdate (ya iyalah 😛 ) dan harus membeli edisi baru jika sudah rilis versi terbarunya

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.