Quick Tour Zorin OS 15.1 Ultimate Edition

Ini video kedua saya, saya buat tadi pagi sebelum kegiatan briefing harian di Excellent. Menjelaskan mengenai distro Linux yang saat ini saya pakai untuk bekerja sehari-hari di rumah.

Distro yang saya gunakan adalah Zorin OS 15.1 Ultimate edition yang berjalan pada Intel NUC Hades Canyon series NUC817HVK VR Edition.

Video ini saya rekam menggunakan aplikasi OBS Studio, kemudian saya trim sedikit di bagian awal dan akhir. Awalnya saya coba pakai OpenShot Video Editor namun hasil exportnya mencapai 10X besar video asli. Video asli sekitar 15 MB, hasil export menjadi 135 MB. Saya butuh mengecek apa yang perlu disesuaikan agar hasilnya lebih baik.

Karena terdesak waktu hendak briefing, saya mencoba aplikasi VidCutter. Hasilnya belum terlalu memuaskan. Jadi akhirnya saya memilih pilihan lain, yaitu perintah CLI menggunakan ffmpeg.

Karena keperluan saya hanya trim diawal dan diakhir (menghapus bagian saat saya menyiapkan rekaman desktop dan diakhir saat saya menutup rekaman desktop), saya cukup melihat sesi waktu mulai dan waktu selesai video yang tepat. Saya dapatkan dengan cara memutarnya di aplikasi video/VLC dan saya lihat videonya bisa dimulai pada detik kedua dan berakhir pada menit ke enam detik ke tiga puluh. Jadi perintah ffmpeg yang saya pakai adalah :

ffmpeg -i ujicoba.mp4 -ss 00:00:02 -to 00:06:30 -c:v copy -c:a copy quick-tour-zorin-os.mp4

Hasilnya, ukuran awal 15.8 MB menjadi hasil akhir 15.2 MB. Excellent.

Mungkin ada cara lain yang lebih elegan atau lebih mudah, tapi setidaknya cara tersebut sesuai dengan keperluan saya 🙂

Catatan : Harap maklum kalau hasilnya amatiran. Aslinya memang amatir, hehehe… Ini saja perlu perjuangan agar saya berani bersuara di video 😀

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.