Pertimbangan Memilih Ebook

Ada beberapa rekan bertanya, mengapa saya bersemangat sekali melakukan konversi buku-buku cetak Excellent ke versi ebook, padahal tidak semua orang suka membaca buku elektronik. Untuk saya pribadi, kebetulan hobi saya membaca buku, jadi membaca dalam bentuk buku maupun bentuk elektronik tidak terlalu menjadi soal.

Berikut adalah beberapa pertimbangan saya terkait versi ebook :

  1. Lebih banyak pilihan. Meski ada versi ebook, tetap ada kok versi cetaknya. Saat ini saya siapkan di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/infokreasindo dan Bukalapak https://www.bukalapak.com/vavai).
  2. Lebih murah. Biaya versi ebook lebih murah dan kadang mendapat discount mendadak dari provider. Lebih murah karena saya menghilangkan komponen biaya cetak, biaya packaging dan biaya pengiriman. Harga ebook yang lebih rendah dengan isi yang sama dengan versi cetak merupakan target utama saya, dengan harapan semakin banyak orang yang bisa membeli buku, semakin banyak orang Indonesia yang lebih cerdas dan dengan budget yang sama bisa membeli beberapa buku dibandingkan dengan 1 buku saja.Sebagai contoh, harga buku cetak Zimbra Fundamental versi A5 kertas HVS (buku kecil/buku saku) adalah Rp. 65.000,- sedangkan versi B5 kertas art glossy (buku ukuran majalah Natgeo kertas licin) adalah Rp. 120.000,-.Untuk versi ebook, harganya diset Rp. 59.000,- dan oleh Google bahkan diberikan discount menjadi Rp. 44.000,-.

    Untuk investasi dan asset ilmu pengetahuan, dengan potensi pendapatan pekerjaan remote setting untuk materi Zimbra, harga tersebut tentu sangat-sangat murah. Dan harga yang lebih rendah tersebut bisa didapatkan tanpa mengorbankan kualitas isi buku.

  3. Kecepatan Update. Untuk melakukan update isi buku cetak, saya memerlukan pencetakan ulang versi baru. Jika ada stock materi yang lama, statusnya jadi mubazir atau terbuang atau terpaksa dihabiskan dulu. Sedangkan untuk versi ebook, saya cukup melakukan update atau re-upload materi dan otomatis dalam waktu tidak terlalu lama sudah berubah isinya.
  4. Pembiayaan dan Modal. Dari sisi biaya, untuk versi cetak saya harus mengeluarkan biaya cetak minimum, rata-rata 100 eksemplar atau paling minimal 50 eksemplar. Semakin tinggi jumlah cetak, semakin rendah biaya per buku namun kalau terlalu banyak, butuh waktu lama untuk menghabiskannya. Untuk versi ebook, modal yang saya keluarkan hanya biaya lisensi untuk software dan biaya gaji untuk team terkait di divisi Excellent publishing.Dengan kemungkinan biaya yang lebih rendah, Excellent publishing bisa membuka kemungkinan menerbitkan buku lain dari rekan-rekan yang berminat. Saya sempat membicarakan kemungkinan ini saat bertemu ibu Nikmah Daulae di markas Excellent Premier Serenity. Karena ibu Nikmah berlatar belakang pendidikan (guru di SMK), saya menanyakan kepadanya mengenai potensi karya tulis atau buku para guru yang bisa diterbitkan melalui Excellent.
  5. Kemudahan pembelian. Bagi sebagian orang, pembelian ebook mungkin dianggap berkaitan dengan penggunaan kartu kredit, padahal itu pendapat yang kurang tepat. Membeli buku di Google Play bahkan bisa dilakukan dengan memotong pulsa. Bisa juga membeli voucher di toko online. Kita bahkan bisa membelikannya sebagai hadiah bagi orang lain. Ada beberapa penerbit buku online seperti Kobo yang bahkan menawarkan discount atau kredit khusus untuk pembelian pertama sekaligus menjadi referal bagi yang lain.
  6. Kecepatan Pengiriman. Bagi rekan-rekan di seputaran Jabodetabek mungkin waktu pengiriman tidak menjadi kendala namun lain halnya buat rekan-rekan di lokasi lain apalagi diluar Jawa. Biaya pengiriman kadang lebih mahal dari harga buku. Belum lagi kalau membeli beberapa buku akan ditotalkan beratnya. Itupun mesti menunggu beberapa lama sampai bukunya tiba ditujuan. Jika membeli ebook, detik itu kita beli, detik itu juga bukunya kita dapatkan dan sudah dapat langsung dibaca
  7. Multiple Income Stream. Dari satu materi yang sama, bisa membuka potensi pendapatan dari 2 sumber yang berbeda. ini akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi team Excellent Publishing (meski mungkin hanya 1-2 orang personil untuk saat ini) dan disisi lain juga bisa membuka peluang bagi rekan yang lain yang mungkin pernah berniat menerbitkan buku namun masih ragu-ragu untuk melakukannya

Kira-kira hal diatas yang menjadi beberapa pertimbangan saya untuk saat ini dan sejauh ini saya menjalani project baru ini dengan senang hati.

Bagian Iklan 🙂 : Saat ini Excellent sudah mengirimkan 3 buku versi ebook yang sifatnya komersil (berbayar) dan 2 buku kecil free. Nantinya koleksinya akan terus ditambah karena sedang dalam proses konversi ke ebook, revisi isi dan perbaikan kualitas buku secara keseluruhan. Berikut adalah link-linknya :

  1. Buku Cetak – Tokopedia : https://www.tokopedia.com/infokreasindo

  2. Buku Cetak – Bukalapak : https://www.bukalapak.com/vavai
  3. Ebook Excellent Insight, Motivasi Hidup & Tips Wirausaha : http://bit.ly/ebookexcellentinsight

  4. Ebook Panduan Dasar VMware vSphere : Virtualisasi Server Handal Menggunakan VMware vSphere 6.7 : http://bit.ly/ebookvsphere67

  5. Ebook Panduan Instalasi & Konfigurasi Zimbra Mail Server : http://bit.ly/bukuzimbra1

  6. Ebook Next Generation Firewall Menggunakan Untangle : http://bit.ly/ebook-ngfw
  7. Ebook Administrasi Sistem Jaringan : http://bit.ly/ebooksisjar

  8. Ebook Tutorial Windows Server 2012 : http://bit.ly/ebook-winserver
  9. Ebook Lulusan IT & Persiapan Menghadapi Dunia Kerja : http://bit.ly/lulusanit

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + fourteen =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.