Kenangan ILC 2007 dan Fondasi Masa Depan

Foto kenangan 11 tahun yang lalu. Saat acara Indonesia Linux Conference 2007 di Yogyakarta. Saat Excellent masih dalam angan-angan. Saat saya bekerja sebagai staff IT di sebuah perusahaan di Cilincing dan menyemai aktivitas di komunitas Linux. Saat itu saya belum tahu kalau keterlibatan saya di komunitas Linux akan menjadi cikal bakal usaha yang menjadi jalan penghidupan.

Saya masih ingat saat itu membiayai perjalanan dari uang saku sendiri. Saya menabung beberapa lama agar bisa naik KA eksekutif ? semata-mata agar tahu pengalamannya. Saya menikmatinya karena selaras dengan hobby dan passion, meski belum tahu kalau biaya investasi aktivitas saya di dunia Linux mendapat return yang jauh lebih besar dari biaya yanh pernah saya keluarkan.

Bagi rekan-rekan terutama yang berusia muda, jangan pernah menyesali segala aktivitas positif yang kita lakukan, hanya karena saat ini merasa capek mengurus kegiatan atau merasa tidak mendapat reward karena kegiatan positif yang dilakukan merupakan investasi long tail, yang rewardnya kita dapatkan hingga beberapa waktu mendatang, yang mungkin prosesnya tidak instant melainkan melalui beberapa tangan orang lain atau pihak lain yang merasa pernah terbantu oleh tulisan, artikel, tutorial dan aktivitas kita dalam upaya kontribusi mencerdaskan bangsa.

Lakukan apa saja, usahakan apa saja, sepanjang itu merupakan hal positif dan bukan kriminal.

Salam buat rekan-rekan yang ada dalam foto, pengalaman ternyata mendidik dan memperkaya khazanah kedewasaan kita, tsahelah…

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.