Ubi Jalar dalam Pot/Planter Bag

Setelah berhasil menanam ubi jalar dalam pot di rumah kabin Zeze Zahra dengan hasil ubi yang besar-besar dalam waktu relatif singkat, saya melakukan beberapa hal secara paralel, antara lain :

1. Membeli planter bag dalam jumlah banyak

2. Menanam ubi dalam planter bag di toko pertanian Zeze Zahra

3. Menanam ubi dalam planter bag di Markas Aktiva Danita

4. Menanam ubi dalam planter bag di markas Excellent DJ (home sweet home)

Saya mendatangkan lebih dari 200 buah planter bag. Awalnya ukuran 50 liter, kemudian atas pertimbangan berat dan kebutuhan media tanam, saya menggantinya dengan ukuran 35 liter.

Planter bag itu diisi dengan campuran sekam bakar, tanah dan pupuk kandang. Sekam bakar diambil dari pabrik tahu di dekat rumah kabin Zeze Zahra, tanah diambil dari kebun pisang dan pupuk kandang diambil dari ternak kambing Zeze Zahra yang dikelola oleh pak Amoy.

Saya juga mendatangkan berbagai macam bibit ubi. Ada ubi Cilembu, ubi merah, ubi putih dan ubi kuning/orange. Itu belum termasuk bibit ubi ungu yang sudah ada di rumah kabin Zeze Zahra. Sebagian bibit saya datangkan dari Sumedang, sebagian lagi saya datangkan dari Bandung.

Saya meminta Indra, Adul dan Gunawan (team rumah kabin, toko pertanian dan Excellent/Aktiva) untuk membuat pembibitan ubi. Ada bibit yang dibuat dari ubi yang sudah ada, ada juga bibit dari pucuk ubi. Untuk referensi, saya minta mereka menonton video Youtube mengenai pembuatan bibit ubi.

Sekitar 100 planter bag sudah diisi bibit ubi ungu di rumah kabin Zeze Zahra. Planter bag itu dideretkan di tepian pagar, kolam dan dekat pematang sawah.

Tiap planter bag diisi dengan 3-4 bibit. Ini percobaan sebenarnya, karena sebelumnya saya hanya menempatkan satu bibit. Apakah hasilnya lebih bagus atau malah lebih jelek, saya belum tahu. Apakah hasil ubinya tetap besar atau malah jadi kecil-kecil, saya juga belum tahu.

Rencananya di rumah kabin sendiri saya hendak menanam 200-300 planter bag ubi. Nanti ada pengaturan waktu tanam agar nantinya tiap bulan bisa panen, atau jika perlu tiap minggu bisa panen.

Apakah akan berhasil atau tidak, ya belum tahu. Bagi saya, sepanjang itu ikhtiar baik, saya lakukan saja. Biaya yang keluar karena ujicoba ini juga jadi biaya pembelajaran buat saya dan team. Hitung-hitung bonus dari Excellent jadi panjang manfaatnya untuk semua yang terlibat.

Untuk proses, kegiatan dan perkembangannya insya Allah akan saya upload ke channel Youtube Zeze Zahra secara berkala

https://youtube.com/zezevavai

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.