Memperbaiki Error 404 Akibat Perubahan Permalink Blog

Beberapa hari yang lalu saya mengubah permalink blog, dari awalnya menggunakan tanggal-bulan-tahun menjadi langsung menggunakan alamat artikel. Misalnya jika sebelumnya alamat link-nya seperti ini : https://www.vavai.com/2015/04/11/tips-mengecek-dan-mengatasi-account-yang-terindikasi-spam-pada-zimbra-mail-server/ maka pada link baru menjadi https://www.vavai.com/tips-mengecek-dan-mengatasi-account-yang-terindikasi-spam-pada-zimbra-mail-server/

Permalink lama saya pilih karena saya ingin mengecek tanggal dan waktu pembuatan artikel, namun saya memutuskan untuk mengubahnya agar lebih mudah ditracking. Selain itu, tanggal dan waktu pembuatan artikel bisa tetap muncul jika saya klik link artikelnya.

Masalahnya, perubahan permalink diatas mengakibatkan sebagian link menjadi broken link. Menjadi error 404 karena ada banyak artikel dan Google search yang merujuk pada link yang lama. Tak lama kemudian, saya mendapat informasi dari Google Webmaster Tools yang menyatakan bahwa ada cukup banyak artikel yang error 404.

Karena saya sudah memutuskan untuk mengubah menjadi permalink baru, saya mencari cara agar permalink yang lama tetap OK dan artikelnya diredirect ke link yang baru. Untuk mencapai tujuan ini, saya terbantu oleh website Permalink Helper.

Prosesnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka website Permalink Helper
  2. Masukkan alamat url website, engine web dan model permalink yang lama
  3. Klik tombol “Generate Redirect””
  4. Copy-paste hasil generate code yang dihasilkan, kemudian masukkan ke file .htaccess yang ada pada root folder blog
  5. Test akses link yang lama apakah sudah bisa redirect atau tidak

Setelah dicoba, hal diatas berjalan dengan baik sehingga pesan error 404 yang sebelumnya terjadi tidak lagi muncul dan artikel bisa merujuk pada link yang baru sebagaimana mestinya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.