Improvement Kualitas Training di Excellent

Wirausaha1 Comment

Salah satu target utama PT. Excellent Infotama Kreasindo pada tahun 2018 adalah meningkatkan kualitas layanan training. Peningkatan kualitas ini dilakukan dengan beberapa cara, antara lain :

  1. Menghilangkan paket layanan training yang sudah out of date
  2. Melakukan revisi materi pada modul/buku training
  3. Memperbaharui tampilan presentasi sekaligus melakukan standarisasi tampilan
  4. Meningkatkan kualitas instruktur
  5. Memperbaiki kualitas layout dan desain ruang training
  6. Melengkapi peralatan training dengan perlengkapan yang mumpuni

Untuk desain ruangan, tahapannya sudah selesai di awal April 2018 sehingga layout ruang training baru sesuai foto terlampir sudah bisa dipergunakan mulai training Zimbra Mail Server akhir pekan lalu.

Excellent juga memastikan kelengkapan peralatan training, salah satu yang mandatory adalah untuk perangkat yang dipergunakan.

Saya pernah mengikuti training VCP (VMWare Certified Professional) dan cukup bersabar saat melakukan simulasi karena performa sistem jika menggunakan mekanisme online lab ataupun mekanisme nested vSphere tidak secepat yang diinginkan.

Untuk keperluan itu, sejak bulan lalu Excellent mendatangkan perangkat mini PC Intel NUC Skull Canyon i7 dengan minimal RAM 8 GB, dual SSD disk 128 GB dan dual network card. SSD pertama digunakan untuk keperluan remote sistem, misalnya untuk training Zimbra atau training lain yang tidak memerlukan server (karena menggunakan server cloud Excellent yang online di data center) sehingga cukup menggunakan Linux Desktop atau Windows 10 dengan lisensi enterprise yang dimiliki Excellent.

Dengan demikian, peserta training tidak perlu membawa laptop saat training Zimbra, dengan kualitas desktop yang responsif dan akses internet 50 Mbps.

Untuk keperluan training VMware vSphere seperti yang akan diselenggarakan pekan depan, masing-masing peserta akan menggunakan vSphere sendiri versi 6.5, dengan processor i7 dan RAM 8 GB, memakai SSD kedua. vSphere ini berjalan langsung difisik server (Intel NUC) sehingga performance-nya mumpuni, dengan spesifikasi sistem seragam dan mekanisme simulasi vMotion, HA dan DRS berjalan secara maksimal.

Untuk keperluan shared storage, Excellent menyiapkan Synology quad disk (4 harddisk) masing-masing 4 TB dengan dual network gigabit, menggunakan protokol iSCSI dan dengan dua SSD Cache NVME masing-masing 256 GB untuk kecepatan proses.

Untuk keperluan vCenter, Excellent menyiapkan 4 buah server dengan RAM masing-masing 32 GB, SSD disk dan dual network, sehingga setiap 2 peserta bisa menggunakan 1 vCenter dan bisa melakukan simulasi sistem dengan mudah.

Untuk mendukung kecepatan dan kenyamanan training, Excellent membuat repository lokal dengan membuat replikasi salinan Mirror Excellent di https://mirror.excellent.co.id. Dengan demikian, jika perlu para peserta training bisa download ISO-ISO Linux, VMware dan file lainnya dengan mudah dan cepat.

Improvement lain adalah dengan mengirimkan instruktur-instruktur Excellent untuk melakukan sertifikasi kemampuan minimal VCP untuk VMware atau sertifikasi terkait untuk materi training lainnya.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

One thought to “Improvement Kualitas Training di Excellent”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top