Solved : DomainKeys/DKIM Problem, “cant read SMFIC_DATA reply packet header”, Zimbra 7 CentOS 5

Resource, Tips, Tricks & TutorialComments are off for this post.

Ada salah seorang alumni training Excellent dari sebuah institusi pendidikan yang ingin menerapkan DomainKeys/DKIM pada mail server Zimbra 7 yang ia kelola. Ia sudah mengikuti panduan pada artikel : Implementasi DomainKeys pada Zimbra & SLES 11 SP1 Menggunakan OpenDKIM dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pada sistem operasi CentOS 5 yang ia kelola.

Semua tahapan ia lalui dengan baik. Hasil test DKIM juga menunjukkan bahwa konfigurasi DKIM yang ia lakukan di DNS Server public sudah benar sesuai dengan file selector yang digenerate di mesin Zimbra. Yang menjadi masalah, DKIM tidak ikut serta saat email dikirimkan. Padahal semua konfigurasi disisi Zimbra juga sudah dilakukan dengan baik, termasuk konfigurasi di file /opt/zimbra/postfix/conf/master.cf.in.

vavai-dkim-process

Baca selengkapnya : Solved : DomainKeys/DKIM Problem, “cant read SMFIC_DATA reply packet header”, Zimbra 7 CentOS 5

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.
Top