Excellent Insight Day #4 : Tersandung Kesuksesan

HeadlineNo Comments

Anda mungkin pernah mengalami situasi yang dilematis dan memusingkan : menentukan bidang dan pekerjaan apa yang hendak dijadikan sebagai titik fokus.

Hendak fokus dibidang A, ternyata sudah ada orang yang sukses disitu. Hendak fokus dibidang B, ternyata sudah ada yang menguasai dan populer disitu. Hendak fokus di bidang C, ternyata sudah ada pionir yang sukses disitu. Lantas harus fokus dimana dan mengerjakan apa agar bisa sukses?

Jawabannya adalah : Terus berkarya dan kembangkan kemampuan. Nantinya kreativitas dan kesuksesan akan datang dengan berbagai cara. Nggak percaya? Ini bukan kata saya tapi kata si Sergey Brin.

Sergey Brin, salah seorang pendiri Google-ketika ditanya mengenai perjalanan dan bagaimana cara dia sukses-menjawab bahwa ia melakukan apa yang bisa ia lakukan :

“Semakin sering saya melakukan sesuatu, semakin sering saya tersandung masalah. Semakin sering saya tersandung masalah, semakin besar kemungkinan saya tersandung pada kesuksesan”

begitu kira-kira ucapannya di buku “Kisah Sukses Google”.

Asal tahu saja, Sergey Brin dan Larry Page sendiri bukan “ujug-ujug” alias tiba-tiba sukses dengan Google. Sebelum membuat Google, Sergey Brin dan Larry Page punya prestasi sendiri dibidang yang mereka minati. Mereka memiliki cukup banyak proyek pribadi sesuai dengan minat mereka. Ada yang berhasil dan ada yang gagal. Kesemuanya menjadi bekal yang baik ketika mereka mulai membangun Backrub, cikal bakal Google.

Kisah diatas mestinya bisa menjadi inspirasi bagi kita bahwa kesuksesan bisa datang dengan berbagai cara. Tidak usah membatasi bagaimana kesuksesan akan mendatangi kita.

Ada kalanya seorang sarjana pertanian sukses menjadi pengusaha dibidang busana anak-anak, atau seorang insinyur mesin justru sukses dibidang Alat Tulis Kantor.

Jangan menunggu kesuksesan datang pada kita melainkan bukalah jalan kesemua arah yang mungkin agar peluang kesuksesan semakin besar pula. Bergabung dengan komunitas, mengembangkan inisiatif pribadi, menjadi pribadi yang ekstrovert dan supel merupakan bagian dari upaya membuka jalan kearah kesuksesan.

Jika anda senang menulis, tulislah berbagai topik yang diinginkan, nanti akan terlihat topik apa yang anda dan pembaca sukai. Jika anda menjadi seorang musikus, tidak ada yang melarang anda menjadi seorang blogger atau menjadi seorang yang senang berkebun. Ada banyak pengalaman yang menunjukkan bahwa hobby atau kegiatan sampingan bisa menjadi sumber pendapatan utama atau bisa menjadi pembuka kearah kesuksesan.

Jika mengingat perjalanan Excellent, saya bahkan tidak terpikir membuat perusahaan saat saya lulus sekolah maupun lulus kuliah. Excellent terbentuk dari hobi menulis di blog, yang kemudian membuka peluang usaha untuk jasa training dan freelancer, sampai akhirnya penghasilan dari kegiatan tersebut bisa menjadi pengganti gaji bekerja di perusahaan dengan waktu yang lebih fleksibel dan ritme pekerjaan yang lebih menyenangkan.

Saat briefing di Excellent, salah satu kalimat favorit saya adalah : “Lakukan apa saja, usahakan apa saja dan coba apa saja, sepanjang itu positif dan bukan kriminal. Kita tidak tahu sisi mana yang akan membawa jalan hidup kita, namun jika kita terus berusaha, nanti seperti air yang akan menemukan jalan untuk mengalir dan keluar dari kesulitan”

Terus berkarya, berinisiatif dan mencoba hingga kesuksesan datang entah bagaimana caranya. Jangan menunggu, karena kita semua tahu kita tidak hidup selamanya…
Referensi bacaan menarik :

  1. Jangan Menyerah pada Kekurangan Hidup
  2. How Nathan Barry grew ConvertKit from zero to $125,000+ in monthly recurring revenue

Action :

Pada artikel sebelumnya kita sudah membaca pentingnya bacaan yang menarik untuk pikiran kita. Sudah diingatkan mengenai introspeksi “sampai kapan” kita dalam kondisi yang sama. Sudah diberikan tips dalam memberi batas. Kali ini melangkah satu tahap kedepan, coba review apa saja yang sudah kita lakukan agar bisa sukses sesuai ukuran kita?

Apakah sudah berusaha meningkatkan kemampuan kita? meningkatkan penghasilan kita? memperluas pergaulan kita? Jangan lekas berpuas diri untuk keadaan saat ini, karena siapa tahu kita masih bisa meningkatkan kualitas kehidupan kita.

Jika ada referensi bacaan menarik dan belum sempat terbaca, coba sempatkan membaca. Artikel-artikel tersebut saya pilih karena saya mendapatkan inspirasi dari pengalaman dan tips yang dimuat didalamnya

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top