Tips Mengecek Kecepatan dan Performa Baca-Tulis Harddisk

Debian/Ubuntu Family, Migrasi Server, openSUSE & SLES, RedHat Family, Tips, Tricks & Tutorial3 Comments

Hard-DiskBeberapa waktu yang lalu, saya membeli 2 buah server bekas, HP Proliant ML-370 G5. Karena berasumsi server branded punya kapabilitas baca-tulis yang lebih baik daripada server rakitan, dengan PD saya melakukan instalasi VMware vSphere 5.5 diatasnya, kemudian membuat 1 buah VM yang diinstall Linux SUSE, 1 buah VM berisi Linux Ubuntu. Proses instalasi berjalan saaaaaangat lambat.

Dengan mengacu pada perilaku dan lamanya proses instalasi, kemungkinan ada masalah di storage, tapi bagaimana caranya saya tahu performa dan kecepatan harddisk sehingga yakin masalahnya ada disitu. Saya butuh tools atau perintah yang bisa saya gunakan untuk mengecek kecepatan harddisk.

Pada sistem Linux, hal ini sangat mudah dilakukan. Cukup menjalankan perintah berikut :

[code lang=”bash”]

dd if=/dev/zero of=testfile bs=1M count=1024

[/code]

Perintah diatas akan melakukan copy data “palsu” sebesar 1 GB. Nantinya akan tampil kecepatan penulisan data ke harddisk.

Ternyata hasilnya adalah kecepatan menulis adalah 4 MB/s. Gile lu Ndro, kalau kecepatan penulisan hanya 4 MB/s, kapan selesainya jika diminta melakukan penulisan data sebesar 1 GB. Pasti useless.

Sebagai pembanding, berikut adalah kecepatan baca tulis harddisk pada laptop saya. Sesuai yang saya tuliskan pada artikel sebelumnya : Instalasi openSUSE 13.2 pada laptop ASUS A46C, laptop saya menggunakan 2 buah harddisk terdiri dari 1 buah harddisk SSD Intel 120 GB dan 500 GB harddisk SATA 5400 RPM. openSUSE aya install pada harddisk SSD dan performanya sangat responsif.

Kecepatan penulisan data pada harddisk SATA :

vavai-performa-write-data-sata

Kecepatan penulisan data pada harddisk SSD:

vavai-performa-write-data-ssd

Terlihat pada screenshot diatas, kecepatan penulisan data pada harddisk SSD hampir 10X dari  kecepatan penulisan data pada harddisk SATA. Meski demikian, kecepatan harddisk SATA ini bahkan masih sekitar 25X lebih cepat daripada kecepatan penulisan data pada harddisk yang ada di server HP Proliant ML-370 G5.

Selain dengan perintah diatas, kita juga bisa melakukan instalasi aplikasi hdparm dengan perintah :

[code lang=”bash”]

zypper in hdparm

[/code]

Kemudian menjalankan pengecekan dengan perintah :

[code lang=”bash”]

hdparm -t /dev/sda

[/code]

Contoh hasilnya sebagai berikut :

Harddisk SATA :

hdparm-sata

Harddisk SSD :

hdparm-ssd

Dari beberapa hasil pembanding diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu yang perlu diimprove disisi server HP Proliant ML-370 G5. Data diatas juga bisa menjadi pertimbangan jika saya hendak membeli harddisk antara kapasitas besar dengan performa yang tinggi.

Proses improvement terhadap kualitas baca-tulis pada storage HP Proliant ML-370 G5 akan saya tuliskan pada artikel berikutnya. Semoga saya bisa menyempatkan diri menuliskannya 🙂

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

3 thoughts to “Tips Mengecek Kecepatan dan Performa Baca-Tulis Harddisk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top