Kedatangan 2 Unit HP Server Proliant ML-370 G5 di Markas Excellent

Hobby, Virtualization8 Comments

Beberapa waktu yang lalu, salah satu rekan saya menawarkan 2 unit HP Server lama, Rack Server 5U HP Proliant ML-370 G5. Saya pikir tadinya semua server tipe ML adalah tipe tower sedangkan tipe DL adalah tipe rack. Sewaktu rekan saya tersebut bilang HP Proliant ML tipe rack, saya pikir ia bercanda atau salah lihat spesifikasi.

Server Proliant ini didapatkan dari hasil refurbished. Saya tertarik membelinya karena memang sedang butuh server untuk simulasi Virtualization technology sekaligus test OpenStack/CloudStack di markas Excellent.

Saat datang, ternyata spesifikasi RAM dibawah harapan. Defaultnya hanya 2 GB. Sulit untuk saya gunakan sebagai server virtualization, karena VMware vSphere 5.5 saja butuh memory minimal 4 GB. Saya tanya ke beberapa rekan dan juga update status di FB apakah ada yang punya stock memory server tipe ECC ini. Ternyata agak sulit mendapatkannya. Kalaupun ada, 1 keping hanya 1 atau 2 GB, padahal saya ingin minimal 1 keping 4 GB, jadi dari total 8 slot memory per socket bisa mendapatkan 32 GB. Jika 1 socket processor saya tambahkan dan slot memory saya penuhi, bisa mendapat 64 GB memory. Cukup memadai untuk simulasi training dan trial sistem.

hp-ml-370-g5

Untuk menambahkan memory, saya membelinya via Ebay dan membayarnya menggunakan PayPal. Agar tidak kecewa, saya membeli 4 * 4 GB, jadi total 16 GB memory, jaga-jaga jika memory tidak cocok atau kualitasnya tidak bagus. Saya pesan sekitar 3 minggu yang lalu dan tiba di markas Excellent pekan lalu. Saat saya pasang, semua memorynya cocok, jadi saat ini 1 server memiliki 18 GB memory.

Server ini juga punya RAID Controller hardware, dengan 4 buah harddisk masing-masing berkapasitas 250 GB. Dengan RAID 1 atau RAID 10, saya bisa mendapatkan kapasitas 500 GB, lebih dari cukup untuk sekedar simulasi training. Apalagi untuk virtualization saya bisa menggunakan shared storage/storage external.

Nantinya kedua server ini akan saya samakan spesifikasinya. Minimal RAM 32 GB dengan kapasitas disk minimal 500 GB. Saya juga hendak melengkapi socket processor, memenuhi slot harddisk dan sekaligus membeli battery-backup untuk write cache RAID controller agar performa write data lebih maksimal.

Jadi ingat masa-masa awal punya komputer, saya mesti mencicil beli CPU terlebih dahulu, baru kemudian monitor, keyboard, mouse dan lain-lain :-).

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

8 thoughts to “Kedatangan 2 Unit HP Server Proliant ML-370 G5 di Markas Excellent”

  1. Halo Mas Vavai, ini sebenernya out of topic sama artikel ttg server ini, mohon maaf sebelumnya.
    saya suka sekali blog hoping, dan kebetulan vavai.com selalu ada di list saya. Cuma sejak saya menggunakan aplikasi agregator Feedly, saya kesulitan membaca blog mas vavai. Hal ini karena Feedly gak bisa menampilkan vavai.com: baik yg url langsung ataupun yang via planet terasi.
    iseng-iseng malem ini saya coba akses vavai.com via chrome dari tablet, eh ternyata tampilan mobile-nya oke banget.
    Tapi saya tetep penasaran kenapa ya vavai.com gak bisa diakses via feedly?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top