Aktivasi Akses FO di Markas Excellent DJ

Family & Personal, Training2 Comments

Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya 2 pekan yang lalu (saat saya berada di Pekanbaru Riau), akses FO di markas Excellent DJ diaktifkan oleh pihak ISP. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu sejak saya request survei lokasi hingga FO aktif.

Saya berlangganan paket 1 Mbps untuk international dan paket IIX 10 Mbps (1:1). Biayanya sekitar Rp. 2.5 juta belum termasuk PPN. Paket yang saya ambil adalah paket untuk corporate dan mendapat 5 IP public usable (subnet /29). Paket corporate ini lebih mahal daripada paket untuk retail namun dari sisi support dan perbandingan bandwidth lebih terjamin. Kata si salesnya ISP sih, hehehe…

Saya sudah test aksesnya untuk download file-file ISO dan membuat salinan repository openSUSE 13.1 yang besar totalnya sekitar 40 GB. Aksesnya memang cukup cepat, apalagi untuk saya yang lebih banyak mengakses file-file di server lokal (akses IIX).

speedtest-excellent-vavai

 

Setelah melakukan ujicoba selama 1 minggu, saya berencana membuat salinan data-data Excellent yang ada di server cloud, kemudian menambah IP public agar bisa digunakan untuk keperluan simulasi saat training di markas Excellent.

Meski aksesnya tidak terlalu besar, bagi saya yang pernah merasakan download file Open Office versi 1.3 selama 1 minggu-menggunakan Telkomnet Instant 40 kbps-akses seperti ini sudah melebihi ekspektasi saya. Harapannya, training yang diselenggarakan di markas Excellent DJ lebih mudah dan lebih tepat sasaran.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

2 thoughts to “Aktivasi Akses FO di Markas Excellent DJ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top