Tips VMware vSphere : Membuat User Account pada vCenter Server Appliance (vCSA)

Tips, Tricks & Tutorial, VMware1 Comment

Jika kita melakukan deployment vCenter Server berbasis Windows, secara otomatis vCenter akan menggunakan user yang ada pada Active Directory sebagai user yang diperbolehkan untuk mengakses vCenter Server, tentu dengan setting permission terlebih dahulu.

vavai-vcsaJika kita menggunakan vSphere client yang terhubung ke langsung ke host vSphere tanpa vCenter, kita bisa membuat local user pada vSphere host. Masalahnya, bagaimana jika kita ingin membuat user baru untuk mengakses vCenter namun yang kita gunakan adalah vCenter Server Appliance (vCSA) berbasis SUSE Linux Enterprise Server?

vCSA sebenarnya bisa juga menggunakan back end active directory, namun bagaimana jika kita tidak menggunakan AD? Sebenarnya mudah saja. Karena vCSA berbasis SUSE Linux Enterprise Server, kita bisa membuat account dengan mudah dengan cara sebagai berikut :

  1. SSH atau Putty ke mesin vCSA
  2. Masuk dengan user name root dan password root dari vCSA
  3. Ketik perintah untuk membuat user : useradd namauser, misalnya : useradd vavai
  4. Ketikkan password untuk user tersebut dengan perintah passwd namauser, misalnya : passwd vavai
  5. Jangan lupa gunakan password strong untuk keamanan akses
  6. Setelah selesai membuat account, masuk ke vCenter, pilih Permissions dan kemudian setting agar user yang baru kita buat memiliki permission untuk mengakses ke vCenter
    vavai-vcenter-server-appliance-add-user1vavai-vcenter-server-appliance-add-user2
  7. Test dengan mengakses vCenter menggunakan account yang baru saja kita buat, semestinya kita sudah bisa login dan mengakses vCenter sebagaimana kita menggunakan Active Directory

vavai-vcenter-server-appliance-add-user3

Sebagai catatan tambahan, vCSA merupakan favorit saya saat melakukan deployment vCenter di klien. Selain menggunakan distro Linux favorit saya sebagai basisnya, vCSA juga bisa meminimalkan penggunaan lisensi Windows yang tidak diperlukan dan mudah diimplementasikan. Apalagi dengan peningkatan kapabilitas pada vCSA versi 5.5 yang mampu menangani 300 host dan 3000 VM dalam 1 vCSA, tentunya vCSA bisa menjadi pilihan yang menarik untuk deployment vCenter.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

One thought to “Tips VMware vSphere : Membuat User Account pada vCenter Server Appliance (vCSA)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top