Solved : VMware Horizon View Client – User not entitled to use system

Migrasi Desktop, Migrasi Server, Tips, Tricks & Tutorial, VMwareNo Comments

Pekan ini saya melakukan ujicoba dan simulasi VMware Horizon View untuk keperluan training VMware vSphere di markas Excellent DJ sekaligus sebagai bahan materi catatan untuk deployment pada perusahaan klien. Beberapa catatan terkait masalah saat implementasi akan saya update ke blog ini sebagai artikel pengingat, siapa tahu ada rekan-rekan yang bisa terbantu jika menemui kendala yang sama.

Adakalanya, setelah semua setting VMware Horizon View selesai dilakukan, user tidak bisa login ke VMware View dengan pesan seperti berikut : “User not entitled to use system”. Jika pesan ini muncul, biasanya masalahnya bukan dari sisi Active Directory yang digunakan untuk authentikasi melainkan ada kekurangan konfigurasi disisi VMware View server. Pesan diatas menandakan bahwa account yang digunakan untuk login belum diberikan akses kesalah satu VM yang hendak didedikasikan untuk user tersebut.

vavai-vmware-view-error-not-entitled-to-use-the-system

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan prosedur berikut :

  1. Masuk ke VMware Horizon View Web Client Administrator
  2. Expand panel Inventory
  3. Pada menu Desktop Pools, assign user bersangkutan ke salah satu desktop yang tersedia

vavai-vmware-view-error-not-entitled-to-use-the-system1

Setelah proses diatas dilakukan, silakan coba kembali melakukan login, semestinya account tersebut bisa login dan terhubung dengan desktop VMware View yang diassign untuk namanya. Semoga bermanfaat.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top