Zimbra Multi Server : Solusi untuk Mail Server Multi Site/Kantor Cabang dan Kantor Pusat

Tips, Tricks & TutorialComments are off for this post.

Pada tahun 2010, ada salah satu klien perusahaan besar dibidang pertambangan yang menghubungi saya terkait implementasi  mail server. Mereka bertanya sekaligus berdiskusi dengan saya mengenai sistem mail server berbasis Exchange Server yang sudah berjalan. Mengingat perusahaan tambang tersebut memiliki site dengan jumlah user beragam di berbagai tempat, mereka bertanya pada saya mengenai 2 hal, yaitu :

  1. Apakah Zimbra bisa co-exist dengan Exchange, jadi sebagian user ada di Exchange dan sebagian lagi ada di Zimbra
  2. Apakah Zimbra memiliki feature yang dimiliki  Exchange, yaitu memisahkan mailbox diberbagai tempat sedangkan authentikasi utama tetap kepusat. Misalnya ada beberapa site di Kalimantan, Bangka, Sulawesi dan Surabaya  sedangkan kantor pusat di Jakarta

Saat itu saya masih cupu (sekarangpun masih, malah lebih parah, hehehe…). Jangan-jangan Zimbra tidak punya feature seperti Exchange.

Baca selengkapnya : “Zimbra Multi Server : Solusi untuk Mail Server Multi Site/Kantor Cabang dan Kantor Pusat”

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.
Top