Tips Zimbra Mail Server : Memahami Zimbra Proxy & Konsep Multi Server-Bagian 2

Resource, Tips, Tricks & TutorialComments are off for this post.

Artikel Bagian Pertama : Tips Zimbra Mail Server : Memahami Zimbra Proxy & Konsep Multi Server-Bagian 1

POSISI ZIMBRA PROXY

Pertanyaan susulan berikutnya adalah, dimana posisi Zimbra Proxy diinstall? Apakah di LDAP Server, Mailbox Server atau justru di MTA Server? Zimbra proxy bukan diinstall di mailbox server melainkan diserver yang akan menjadi front-end mail server. Untuk keperluan ini, Zimbra proxy justru diinstall diatas mesin MTA server yang akan menjadi front-end mail server (port 25 incoming).

Zimbra Proxy akan menyediakan service POP Proxy, Imapproxy dan httpproxy. Ini berarti bahwa Zimbra Proxy akan menyediakan port-port standard 80, 110, 143, 993 dan 995 yang nantinya akan diredirect ke mailbox server  yang bersesuaian. Dengan demikian, end user tidak perlu menghapalkan mailbox server yang mana yang menjadi tempat mailboxnya disimpan karena proses redirect akan secara otomatis dilakukan oleh Zimbra Proxy.

Baca Selengkapnya : “Tips Zimbra Mail Server : Memahami Zimbra Proxy & Konsep Multi Server-Bagian 2”

 

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.
Top