Tips Zimbra Mail Server : Memahami Zimbra Proxy & Konsep Multi Server-Bagian 1

Resource, Tips, Tricks & TutorialComments are off for this post.

Salah satu paket aplikasi yang kerap (dan memang seharusnya) dilewatkan saat instalasi Zimbra Mail Server model single server adalah Zimbra Proxy dan Zimbra Memcached. Mengapa sih keduanya harus dilewatkan? Kapan kita membutuhkan keduanya?

Zimbra Proxy dan Zimbra Memcached memang tidak diperlukan pada proses instalasi Zimbra Single Server. Zimbra Proxy dan Zimbra Memcached sesuai namanya berfungsi sebagai gateway proxy untuk akses ke mailbox. Tentu saja tidak ada manfaatnya jika Zimbra yang digunakan adalah model single server dimana seluruh paket dan service Zimbra dijalankan diatas 1 server.

Jika jumlah account dan trafik email terus meningkat, sebagai antisipasi Zimbra menyediakan model instalasi multi server. Model multi server ini bahkan bisa diterapkan pada Zimbra single server existing, yaitu dengan cara menonaktifkan beberapa service dan menambahkan server lain untuk menjalankan service yang dinonaktifkan tersebut.

Baca Selengkapnya : “Tips Zimbra Mail Server : Memahami Zimbra Proxy & Konsep Multi Server-Bagian 1”

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.
Top