FreeNAS NFS & iSCSI Share untuk VMWare vSphere Datastore & Shared Storage

Migrasi Server, Tips, Tricks & Tutorial3 Comments

Salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran VMWare vSphere adalah membuat shared storage sebagai simulator dari SAN storage. Jika kita memiliki SAN storage untuk keperluan VMWare Labs (misalnya perusahaan sudah memiliki SAN storage), tentu saja simulator tidak diperlukan. Sayangnya, harga SAN storage jarang ada yang murah, sehingga untuk keperluan pembelajaran, lebih mudah menyiasatinya dengan melakukan setting simulator SAN storage berbasis software.

Ada 2 distro yang umum digunakan untuk membuat simulator SAN storage untuk keperluan VMWare Labs, yaitu FreeNAS berbasis FreeBSD dan OpenFiler berbasis Linux CentOS. Panduan berikut ini menggunakan FreeNAS sebagai vSphere Datastore.

Semoga bermanfaat 😉

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

3 thoughts to “FreeNAS NFS & iSCSI Share untuk VMWare vSphere Datastore & Shared Storage”

  1. Utilisasi network dengan single gigabit pakai iscsi freenas bisa sampai berapa persen om? saya coba esxi cloning vm dari local storage ke iscsi (pake kernsafe trial) maksimal mentok njedog 50% dengan angka latency datastore yg mengerikan. Saya blum coba mode MPIO karena keterbatasan switch (katakan gak punya he3x….)

    Kira2 klo pakai SAN dengan konektor single LC 4Gbps bisa sampai berapa persen? karena rencana mau bikin server SAN sendiri pake HBA QLE2460 dari ebay. Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top