Perkembangan Rencana Taman Bacaan & Pusdiklat

Family & Personal11 Comments

Hari Rabu, 21 Desember 2011 yang lalu saya berkunjung ke lokasi bakal calon Taman Bacaan, Tempat Training & Pusdiklat. Kedatangan saya adalah untuk mengecek rencana meratakan tanah.

Pada bulan November 2011 yang lalu, tanah yang terbeli baru seluas 250 m2. Agar lebih leluasa dalam merencanakan bangunannya, saya menggunakan uang hasil implementasi sistem untuk menambah luasan tanah sehingga akhir Desember ini luasnya menjadi 350 M2. Targetnya sebenarnya 1000 M2 tapi ya uangnya masih melayang-layang belum masuk ke kantung saya. Daripada menunggu sampai bisa mendapatkan tanah 1000 m2, lebih baik saya mulai terlebih dahulu dengan yang sudah ada.

Ada sebagian tanah ini yang tadinya bekas kolam ikan. Saya memang berencana membuat kolam ikan juga namun untuk sementara waktu saya akan membuatkan saung untuk taman bacaan terlebih dahulu. Agar terlihat lebih apik, saya meratakan tanahnya dulu.

Ada seorang adik kelas saya semasa SD yang punya mobil bak terbuka Mitsubishi T-120 SS. Pekerjaan yang ia lakukan sehari-hari adalah mendayagunakan mobil tersebut, misalnya untuk pindahan, bawa barang ataupun untuk keperluan bawa tanah dan puing-puing. Adik saya menghubunginya dan kemudian menyepakati proses urug tanah dengan biaya Rp. 60 ribu/rit.

Pimpro untuk perataan tanah ini dilakukan oleh adik dan kakak saya. Saya sendiri cuma eksyen didepan kamera megang cangkul dan meratakan tanah beberapa rit saja, heheheā€¦ Tapi seneng kok, karena saya dulu juga sering megang cangkul dan bertani.

Kalau cape bisa istirahat sebentar, memetik kelapa muda didekat pagar sisi sebelah kanan kebun. Kalau baru dipetik, airnya segar dan manis. Kegiatan ini serasa tamasya buat saya, apalagi suasananya memang masih sejuk. Kalau siang hari angin bertiup sepoi-sepoi rasanya pingin gelar tikar dan tiduran dibawah pohon jambu šŸ˜€

Beberapa bagian memang masih terlihat kosong karena tanaman pohon Mangga dan Rambutan hasil cangkokan baru ditanam beberapa minggu yang lalu. Nantinya saya berharap suasananya rindang dan menenteramkan sehingga siapapun yang datang akan merasa betah.

Target pertama yang akan dibangun adalah taman bacaan. Mudah-mudahan pembangunannya bisa dimulai di awal tahun 2012. Doakan agar bisa berjalan dengan lancar, ya.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

11 thoughts to “Perkembangan Rencana Taman Bacaan & Pusdiklat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top