Tips Migrasi Mail Zimbra : Mencegah Email Lama Di Download Ulang

Migrasi Server, Tips, Tricks & Tutorial6 Comments

Salah satu masalah yang kerap muncul saat melakukan migrasi mail server dari engine mail server yang lain ke engine Zimbra adalah terulangnya proses download email yang sebelumnya sudah pernah didownload. Hal ini terutama menimpa user-user yang mengaktifkan feature “Leave Message Copy on Server”

Sebagai contoh, user Vivian memiliki mailbox sebesar 500 MB berisi 1500 email. Email ini sudah ada sejak tahun 2010 dan pernah di download ke email client (Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird atau via BlackBerry). Jika semua isi mailbox di migrasi dan kemudian direstore, mail client akan menganggap semua email ini baru dan belum pernah didownload (meski statusnya sudah read). SysAdmin  yang cari selamet bisa saja bilang, “Aaah, gapapa tuh email kedownload lagi, daripada hilang kan masih mendingan double”, hehehe… Iya kalau ke teman bisa bilang seperti itu, kalau ke boss gimana bilangnya? 😛

Zimbra sebenarnya punya feature “Access from Other Mail Clients” berupa opsi : “Allow only mail from now to be downloaded”. Jika diset, opsi ini akan membuat flag bahwa email yang boleh didownload ulang adalah email dengan setting sejak tanggal tertentu. Jika diset melalui menu Preferences masing-masing user, menu ini ada di bagian Mail.

Sayangnya, setting melalui menu GUI/web admin hanya menyediakan 2 pilihan, yaitu Download semua email atau Download email sejak tanggal diset (alias saat ini). Jika menginginkan pilihan yang lebih banyak, misalnya ingin diset bahwa email yang boleh didownload ulang adalah email kemarin hingga saat ini, kita harus melakukan settingnya melalui CLI (Command Line Interface). Berikut adalah contoh perintahnya :

[code lang=”bash”]
zmprov ma ${ACCOUNT} zimbraPrefPop3DownloadSince $(date “+%Y%m%d%H%M%S”Z)
[/code]

Jika menginginkan yang didownload adalah email sejak kemarin sampai dengan hari ini dan seterusnya, perintahnya menjadi sebagai berikut :

[code lang=”bash”]
zmprov ma ${ACCOUNT} zimbraPrefPop3DownloadSince $(date -d “yesterday” “+%Y%m%d%H%M%S”Z)
[/code]

Jika menginginkan yang didownload adalah email sejak sekian hari (X hari) yang lalu sampai dengan saat ini dan seterusnya, perintahnya menjadi sebagai berikut :

[code lang=”bash”]
zmprov ma ${ACCOUNT} zimbraPrefPop3DownloadSince $(date -d “X day ago” “+%Y%m%d%H%M%S”Z)
[/code]

Untuk membantu rekan-rekan yang ingin melakukannya secara massal untuk semua account, berikut adalah scriptnya :

[code lang=”bash”]
#!/bin/bash

clear

echo “Retrieve zimbra user name…”

USERS=`su – zimbra -c ‘zmprov -l gaa’`;

for ACCOUNT in $USERS; do
NAME=`echo $ACCOUNT`;
echo “Set POP3 Date for $NAME…”
su – zimbra -c “zmprov ma ${ACCOUNT} zimbraPrefPop3DownloadSince $(date -d “yesterday” “+%Y%m%d%H%M%S”Z)”;
done
echo “All mailbox has been setup successfully”
[/code]
Semoga bermanfaat dan bisa membantu rekan-rekan yang membutuhkan hal yang sama.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

6 thoughts to “Tips Migrasi Mail Zimbra : Mencegah Email Lama Di Download Ulang”

  1. mas vavai saya cari2 menu opsi “Allow only mail from now to be downloaded” kok ngga ada yaa ? apa memang tidak tersedia di zimbra 7 ?

  2. oo iya ternyata cek nya di preference masing2 user yaa , saya kirain tadi nya di menu default Qos nya ada , ok thanks mas vavai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top