Panduan Instalasi & Konfigurasi VMWare VSphere Hypervisor (ESXi)

Migrasi Server14 Comments

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menuliskan materi teknologi Virtualisasi Server dalam bentuk pengenalan VMWare ESXi. Beberapa rekan yang menggunakan teknologi virtualisasi server berbeda menanyakan pada saya apa alasan menggunakan VMWare padahal sudah ada teknologi virtualisasi yang sama-sama powerful dan open source.

Alasannya sederhana. VMWare secara de facto adalah perusahaan yang intens pada teknologi virtualisasi sejak awal dan merupakan penguasa pasar untuk teknologi virtualisasi dan cloud computing. Produk VMWare bervariasi mulai dari versi player, desktop, server hingga multi server. Bagi seorang Sysadmin, kita tidak dapat menutup mata pada teknologi VMWare dan akan sangat bermanfaat jika kita sudah menguasai teknologi yang digunakan sebelum satu saat memiliki kesempatan menggunakannya. Sebagai catatan, banyak blade server yang digunakan diperusahaan yang menggunakan sistem operasi VMWare VSphere (ESX & ESXi) sebagai host server untuk virtualisasi sistem.

Saat ini saya sudah menuliskan 3 buah panduan terkait VMWare ESXi dan rencananya akan terus dilengkapi hingga seseorang yang awam pada ESXi dapat langsung menjadi Admin VMWare ESXi begitu selesai membaca seri panduan yang saya tuliskan 😀

Berikut adalah link artikel nya :

  1. Belajar Teknologi Virtualisasi (1) : VMWare vSphere Hypervisorâ„¢ ESXi
  2. Belajar Teknologi Virtualisasi (2) : Instalasi VMWare vSphere Hypervisorâ„¢ ESXi
  3. Belajar Teknologi Virtualisasi (3) : Instalasi VMWare vSphere Client

Semoga bermanfaat.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

14 thoughts to “Panduan Instalasi & Konfigurasi VMWare VSphere Hypervisor (ESXi)”

  1. mas, bahas dunk tentang perbedaan masing2 versi vmware
    saya mau buat virtualisasi server untuk webserver, tpi bingung mau pake yg mana??
    bytheway, saya dah donlot vmware server 2 tpi ga tau settinganny ..
    tlong dibantu

  2. mas pada saad installasi vmware berlangsung ternyata network adapter not detected, ternyata NIC LAN nya MESTI di ganti sama E1000.
    hmm..gimana cara merubah kernel vmware di file iso supaya support sama NIC LAN saya??
    mohon bantuan nya mas vavai

  3. waktu itu teman saya pernah mencoba ko, dan akibat nya server yg dia bangun tidak stabil. kbetulan teman saya itu sudah meninggal jadi saya bingung mesti minta bantuan siapa lagi selain mas vavai.
    makasi ya mas buat jawaban nya.

  4. Om Vavai… saya coba ikuti linknya tapi udah expired euy.. bisa di reupload?

    Thank you om vavai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top