Bash Script untuk Menghilangkan Baris Kosong (Blank Line)

Tips, Tricks & Tutorial1 Comment

Tadi pagi saya hendak mendapatkan daftar summary materi training Open Office yang sudah tersusun untuk dijadikan sebagai bagian dari proposal. Sayangnya, setiap satu barismateri selalu ada baris kosong dibawahnya.

Langkah bodoh-bodohan yang saya lakukan adalah menghapus baris kosong tersebut secara manual, namun setelah beberapa baris saya mikir juga, apa nggak repot kalau baris kosongnya ada ratusan?

Pada screenshot dibawah ini memang terlihat hanya beberapa baris, padahal isinya masih lebih panjang. Bisa habis waktu saya bersantai sekedar untuk menghapus baris kosong tersebut.


Ternyata ada cara yang lebih mudah, yaitu memanfaatkan kemampuan bash programming/command dengan perintah sed atau grep.

Cukup dengan perintah berikut :

[code lang=”bash”]
sed ‘/^$/d’ fileasli.txt > hasil.txt
[/code]

atau

[code lang=”bash”]
grep -v ‘^$’ fileasli.txt > hasil.txt
[/code]

Dalam sekejap isi file teks berubah, semua baris kosong langsung menghilang. Luar biasa 😉 . Saya nggak perlu lembur sekedar untuk menghapus baris-baris kosong tersebut 😀

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

One thought to “Bash Script untuk Menghilangkan Baris Kosong (Blank Line)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top